Lely Yuliasih, 1423301016 (2018) PEMBELAJARAN FIQIH PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VII DI SLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (644kB) | Preview |
|
Text
LELY YULIASIH_PEMBELAJARAN FIQIH PADA ANAK TUNAGRAHITA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latarbelakangpenelitianiniadalahbahwasetiapwarganegaraberhakmendapatkanpendidikan.Berawaldaridasarini, pemerintahpeduliakanadanyapendidikanuntukanakberkebutuhankhusus yang manasalahsatudiantaranyayaituanaktunagrahita. Tujuandaripendidikantersebutsatudiantaranyaialahmencetakgenerasiberiman yang taatberibadahkepada Allah SWT.Denganadanyatujuantersebut, diselenggarakanpendidikanberbasis agama yang diaplikasikandalampembelajaranfiqih. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisis proses pembelajaranfiqih yang terdiridariperencanaan, pelaksanaan, evaluasipembelajaranfiqihpadaanaktunagrahitakelas VII di SLB C dan C1 YAKUT PurwokertoKabupatenBanyumas. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Denganmengambillatar SLB C dan C1 YAKUT PurwokertoKabupatenBanyumas.SLB yang pertama kali berdiri di KabupatenBanyumasdengan guru yang professional.Pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi.Analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkan : 1) proses perencanaanpembelajaranfiqihmenggunakanprota, promes, silabus, RPP. Perencanaan yang disusuntidak sepenuhnya sesuai ketika diaplikasikan pada pembelajaranataudapatdikatakan guru menerapkanasasfleksibelitas. 2) Proses pelaksanaanpembelajaranfiqih guru menggunakan media papantulis. Denganpendekatanpembiasaan guru menerapkanbeberapametodeyaitumetodeceramah, metodetanyajawab, metodedemonstrasidanmetodepraktek. Materi yang disampaikansamadengansekolahpadaumumnyanamununtuk SLB lebihsimple. 3) Evaluasipembelajaranfiqih, guru menerapkantessumatifberupa UTS dan UAS denganbentuksoalpilihangandadan essay. Adapunpemberianskor, guru tidakhanyamenilaidarisegikoginitiftetapidipadukandengansegiafektif.Penilaiantersebutbersifatlongitudinal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PembelajaranFiqih, AnakTunagrahita |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 07:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 07:37 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4752 |
Actions (login required)
View Item |