IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN TERPADU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS IV DI MIMUHAMMADIYAH JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018/2019

RIZKI INAWATI, 1423305211 (2018) IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN TERPADU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA KELAS IV DI MIMUHAMMADIYAH JATISABA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
RIZKI INAWATI_IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN TERPADU MUATAN ILMU PENGET.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode Quantum Teaching merupakan metode yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memotivasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Penggunaan metode yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang menyenangkan dengan cara menciptakan lingkungan yang efektif, merancang pengajaran, menyampaikan isi,mendudukan siswa secara nyaman, dan memudahkan proses pembelajaran yang menumbuhkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Ilmu pengetahuan sosial merupakan merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi, politik, hukum dan budaya.Dengan demikian Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Muhammadiyah merupakan pemahaman terhadap sejumlah konsep dan mengembangkan serta melatih sikap dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode quantum teaching dalam pembelajaran terpadu pada kelas IV di MIM Jatisaba Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Penelitan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Jatisaba. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah implementasi metode quantum teaching muatan ilmu pengetahuan sosial dalam pembelajaran terpadu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dokumentasi adapu analis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data,penyajian data,dan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan di MIM Jatisaba dapat di simpulkan bahwa implementasi metode quantum teaching dalam pembelajaran terpadu pada kelas IV sudah berjalan. Guru menyiapkan lingkungan belajar yang mendukung di antaranya dengan meletakkan tanaman di dalam kelas, memperdengarkan lagu-lagu daerah dan membuat poster afirmasi. Guru mampu memberikan pengantar yang baik sehingga siswa memiliki minat dan perhatian untuk mempelajari materi karena siswa tahu manfaat bagi mereka,memberikan kesempatan pada mereka bahwa mereka tahu dan dalam pelaksanaan quantum teaching lebih menekankan emosional anak seperti prinsip quantum teaching yaitu AMBAK (atau apa manfaat bagiku) dan siswa mampu mencapai hasil belajar yang optimal. Guru juga mampu menerapkan kerangka pembelajaran quantum teaching yaitu TANDUR (Tumbuhkan Alami Namai Demonstrasikan Ulangi dan Rayakan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Quantum Teachingmuatan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembelajaran Terpadu Kelas IV, MI Muhammadiyah Jatisaba.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:32
Last Modified: 08 Nov 2018 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item