HENI RAKHMAWATI, 1423305195 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’ARIF NU AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text
HENI RAKHMAWATI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Model pembelajaran yang digunakanpadamatapelajaranBahasa Indonesia di MI Ma’arif NU AjibarangKulonumumnyamasihmenggunakan model pembelajaran yang konvensionalsehinggasiswatidakbelajarsecaraaktif, akibatnyahasilbelajarsiswamenjadirendah.TerlebihlagiketikapembelajaranBahasa Indonesia padaketerampilanberbicara. Cara untukmengatasihaltersebutadalahpenggunaan model pembelajaran yang inovatif agar siswadapataktifdalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapatdigunakanyaitu model pembelajaranPaired Storytelling, model pembelajaran yang dapatdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanberbicaradansiswadapataktifdalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diambildaripenelitianiniadalahapakahpeningkatanbelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaranpaired storytelling lebihbaikdaripadasiswa yang tidakmenggunakan model pembelajaranpaired storytelling?.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandanmenganalisispeningkatanketerampilanberbicarasiswa yang menggunakan model pembelajaranpaired storytellingdansiswa yang tidakmenggunakan model pembelajaranpaired storytelling kelas V A dan V B padamatapelajaranBahasa Indonesia di MI Ma’arif NU AjibarangKulon. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan(field research) denganmenggunakanmetodeeksperimen yang diterapkandalamControl GrupPres-test dan Post-test.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas V A dan V B MI Ma’arif NU AjibarangKulondenganjumlah 35 siswa.Sampelpadapenelitianiniadalahsemuaanggotapopulasidipilihmenjadisampel.UntukmengetahuipeningkatanhasilnilaisiswadilakukananalisisN-Gain. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukandiperolehkesimpulan1) keterampilanberbicarasiswa yang menggunakan model pembelajaranpaired storytelling lebihbaikdaripadasiswa yang tidakmenggunakan model pembelajaranpaired storytelling, dapatdilihatdariperolehanN-Gain kelaseksperimen 0.71 yang beradapadaklasifikasitinggidankelaskontrol 0,50 yang beradapadaklasifikasisedang. 2) Model pembelajaranpaired storytellinglebihefektifdalampembelajaranketerampilanberbicarasiswakelas. Hal tersebutdapatterlihatdarihasil rata-rata pre-test kelaseksperimen 13,82 dan rata-rata post-test 21,70 sedangkankelaskontrol rata-rata pre-test 13,53 dan rata-rata post-test 19,22, dapatdiketahuipeningkatan rata-rata darikelasekperimenlebihsignifikanantarapre-test danpost-test dibandingkankelaskontrol
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PembelajaranPaired Storytelling KeterampilanBerbicara |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 08 Nov 2018 01:08 |
Last Modified: | 08 Nov 2018 01:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4721 |
Actions (login required)
View Item |