Farida Umu Ma’rifah, 1423305057 (2018) PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI JAMBUSARI Farida Umu Ma’rifah NIM. 1423305057. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (676kB) | Preview |
|
Text
FARIDA UMU MA'RIFAH_PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA TEMA PERISTIWA DALAM KE.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas V MINJambusari Cilacap, adalah kelas yang sudah menerapkan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk pada tema peristiwa dalam kehidupan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V MIN Jambusari Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis pembelajaran tematik yang berbasis kecerdasan majemuk pada tema peristiwa dalam kehidupan di kelas V MIN Jambusari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk pada tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V MIN Jambusari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk sudah sesuai dengan teori pembelajaran tematik yang berbasis kecerdasan majemuk. Pembelajaran dengan penerapan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan majemuk pada tema Peristiwa dalam Kehidupan di MIN Jambusari meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian. Kegiatan perencanaan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Silabus yang dibuat telah sesuai dengan pembelajaran tematik yang berbasis kecerdasan majemuk dilihat dari strategi, metode dan media yang dibuat. Kegiatan pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru yaitu variasi strategi dan metode pembelajaran, ada yang menggunakan cooperative learning, inquiri learning, ekspositori, role play, permainan, penugasan, diskusi, presentasi, tanya jawab, ceramah. Kegiatan penilaian telah menggunakan instrumen dan bentuk penilaian yang bermacam-macam sehingga dapat mengukur semua ranah kecerdasan siswa yang berbeda-beda. Hal ini menunjukan bahwa MIN Jambusari Cilacap telah berhasil menerapakan Pembelajaran Tematik Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk peserta didik yang berbeda-beda sehingga peserta didik lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Kecerdasan Majemuk, Peserta Didik Kelas V.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | embelajaran Tematik, Kecerdasan Majemuk, Peserta Didik Kelas V. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 05 Nov 2018 02:30 |
Last Modified: | 05 Nov 2018 02:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4687 |
Actions (login required)
View Item |