STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIM PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

NOFITA TRISTANTI, 1423305250 (2018) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIM PENGADEGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
NOFITA TRISTANTI_STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN EVERY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dilaksanakan masih berpusat pada guru (teacher center), dan hasil belajar siswa belum maksimal. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen model Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIM Pengadegan tahun 2017/2018 yang berjumlah 43 siswa. Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan ganda dan essay yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktur lapisan bumi dan lapisan atmosfer bumi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent t test karena data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dilakukan uji N-Gain dan analisis uji-t data N-Gain. Berdasarkan hasil Uji N-Gain diperoleh rata-rata N-Gain eksperimen sebesar 0,75 temasuk dalam kategori tinggi dan N-Gain kontrol sebesar 0,61 termasuk kategori sedang. Sedangkan pada uji t data N-Gain diperoleh nilai signifikansi < taraf signifikansi (0,014 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang lebih baik dan signifikan penggunaan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V materi struktur lapisan bumi dan lapisan atmosfer bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Nov 2018 00:52
Last Modified: 05 Nov 2018 00:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item View Item