PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS Umi Rofiqoh (1423305087)

Umi Rofiqoh, (1423305087) (2018) PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWEDI KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS Umi Rofiqoh (1423305087). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
UMI ROFIQOH_PEMANFAATAN MEDIA LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 KALIWE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pemanfaatan Media Lingkungan dalam Pembelajaran IPA kelas V di MI Ma”arif NU 1 Kaliwedi Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan untuk memperoleh pengalaman nyata yang memadukan antara teori dan kondisi nyata yang ada dilapangan. Pentingnya pemanfaatan media lingkungan dalam pembelajaran IPA bertujuan untuk mempraktekan materi mata pelajaran IPA yang terkait dengan alam. Media lingkungan adalah media yang berada disekitar lingkungan belajar siswa. Media lingkungan yang dimanfaatkan oleh guru adalah dengan memanfaatkan tiga lingkungan utama yaitu lingkungan sekitar sekolah meliputi halaman sekolah, hutan dan peternakan warga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemanfaatan media lingkungan dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bahwa dari hasil penelitian menunjukan langkah-langkah pemanfaatan media lingkungan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan yang terdiri dari penyusunan RPP dan pemilihan media yang sesuai dengan materi pelajaran. Tahap pelaksanaan pemanfaatan media lingkungan dilakukan dengan pembelajaran di lingkungan sekitar, mengkondisikan siswa dan menjelaskan materi serta memberikan contoh nyata. Tahap yang ketiga dalah penutup yang dilakukan dengan memberikan tindak lanjut/evaluasi kepada siswa untuk mengukur keberhasilan tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran. Kata kunci : Pemanfaatan Media Lingkungan, Pembelajaran IPA dan Siswa Kelas V

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Lingkungan, Pembelajaran IPA dan Siswa Kelas V
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:24
Last Modified: 24 Oct 2018 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4626

Actions (login required)

View Item View Item