PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DILAKSANA BARU SWALAYAN MAJENANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Elfanita, 1123203084 (2018) PENGELOLAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DILAKSANA BARU SWALAYAN MAJENANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
ELFANITA_Pengelolaan Corporate Social Responsibility di Laksana Baru Swalayan Majenang Perspektif Ekonomi Islam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen dan aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan sebagai wujud tanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Islam mengajarkan tanggung jawab agar mampu mengendalikan diri dari tindakan melampaui batas kewajaran dan kemanusiaan. Tanggung jawab ini mencakup tanggung jawab kepada Allah, kepada sesama dan lingkungannya yang terkonsep dalam etika bisnis Islam. Laksana Baru Swalayan Majenang termasuk perusahaan swasta yang menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR)di Laksana Baru Swalayan Majenang jika ditinjau dalam ekonomi Islam. Subyek dalam penelitian ini adalah asisten supervisor promo bagian divisi yang menangani CSR di Laksana Baru Swalayan Majenang dan masyarakat yang merasakan manfaat dari kegiatan CSR tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, untuk melukiskan data yang diperoleh dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisah menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) di Laksana Baru Swalayan Majenang masih di bawah kendali asisten supervisor promo. Secara umum CSR Laksana Baru Swalayan Majenang bergerak di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan dan sosial. Jenis programnya berbentuk cause promotions yaitu program yang mengajak konsumen LB Swalayan untuk berpartisipasi dalam berbagai program sosial LB Swalayan sehingga secara tidak langsung Laksana Baru Swalayan Majenang dapat meningkatkan citra perusahaan. Ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam, dari empat aksioma yang mencakup unity (tauhid), equilibrium (‘adl), free will (ikhtiyar), dan responsibility (al-mas'uliyyah) ada satu aksioma yang belum tergambar dalam program CSR Laksana Baru Swalayan Majenang yaitu equilibrium (‘adl). Namun, CSR Laksana Baru Swalayan Majenang sudah mensinergikan konsep tripple bottom line, yaitu konektisitas antara keputusan pengambilan keuntungan (profit), kepedulian terhadap masyarakat (people) dan untuk menjaga keseimbangan lingkungan (planet).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Etika Bisnis Islam, Ekonomi Islam, Laksana Baru Swalayan Majenang.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Oct 2018 07:43
Last Modified: 22 Oct 2018 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item