Rizki Adilla Nugraheni, NIM. 1522203087 (2018) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA PEMBIAYAAN MURĀBAḤAḤ DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG KANTOR CABANG PURWOKERTO BANYUMAS. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
RIZKI ADILLA NUGRAHENI_IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN .PDF Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembiayaan Murābaḥaḥ adalah pembiayaan yang paling banyak diminati oleh nasabah BPRS Bumi Artha Sampang KC Purwokerto Banyumas. Untuk mempertahankan dan menambah jumlah nasabah maka diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat. Bauran pemasaran merupakan inti dari sistem pemasaran yang semua itu dijalankan untuk memberikan persuasif kepada masyarakat umum. Dengan melakukan pengkajian penerapan bauran pemasaran pada prmbiayaan Murābaḥaḥ ini maka dapat diketahui seberapa besar pengaruhnya terhadap pengurangan atau penambahan jumlah nasabah yang melakukan pembiayaan Murābaḥaḥ dari tahun ke tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana impelementasi bauran pemasaran pada pembiayaan Murābaḥaḥ di BPRS Bumi Artha Sampang Kantor Cabang Purwokerto Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di BPRS Bumi Artha Sampang Kantor Cabang Purwokerto Banyumas. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriftif, teknik ini digunakan penulis untuk mendeskripsikan data-data yang telah diperoleh tentang impelentasi bauran pemasaran pada pembiayaan Murābaḥaḥ di BPRS Bumi Artha Sampang Kantor Cabang Purwokerto Banyumas. Dalam implementasi bauran pemasaran ada empat unsur (product, price, place, promotion). Produk Pembiayaan Murābaḥaḥ yang ditawarkan BPRS BAS KC Purwokerto Banyumas terdiri dari 3 macam yaitu pembiayan Murābaḥaḥ modal kerja, investasi dan konsumsi. Harga atau margin yang diambil sebesar 1,4 untuk angsuran tiap bulannya. Tempat atau lokasi distribusi terletak di tengah kota purwokerto, namun lokasi kantornya sendiri kurang strategis karena terletak di jalan alternatif. Promosi yang dilakukan yaitu dengan mempromosikan produknya melalui brosur, radio, koran, internet, pameran serta melalui kegiatan sosial. Terjadi peningkatan jumlah nasabah hanya pada pada pembiayaan Murābaḥaḥ Konsumsi yaitu sebesar 16,47. Penyebabnya yaitu karena banyak nasabah yang tidak membayarkan angsurannya (pembiayan macet) sehingga BPRS melakukan tindakan hapus buku mengakibatkan pengurangan jumlah nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Product, Price, Place, Promotion, Pembiayaan Murābaḥa |
Subjects: | 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 20 Dec 2018 03:48 |
Last Modified: | 20 Dec 2018 03:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4589 |
Actions (login required)
View Item |