THE STRATEGIES OF MARKET SEGMENTATION ANDPROMOTIONS IN INCREASING SALES VOLUME (Case Study Toko Getuk Goreng Eka Sari Sokaraja, Banyumas)

Roy Romadhon, NIM. 142323071 (2018) THE STRATEGIES OF MARKET SEGMENTATION ANDPROMOTIONS IN INCREASING SALES VOLUME (Case Study Toko Getuk Goreng Eka Sari Sokaraja, Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB 5_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ROY ROMADON_SEGMENTASI PASAR DAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu organisasi bisnis mengakui bahwa pada dasarnya organisasi tersebut tidak dapat melayani semua pelanggan, hal ini dikarenakan jumlah pelanggan yang terlalu besar dan wilayahnya terlalu luas dengan beraneka ragam kebutuhan dan keinginan serta kebiasaan para pelanggan yang menuntut untuk dilayani secara maksimal. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan agar dapat berada dalam posisi yang tepat dalam melayani konsumen secara maksimal adalah dengan melakukan segmen-segmen pelanggan yang memadai dari pasar yang dituju, seperti segmentasi berdasarkan geografis, demografi, psikografi, dan tingkah laku yang bertujuan mengenali perbedaan pelanggan serta upaya promosi yang berperan dalam menjaring konsumen melalui bauran promosi seperti periklanan, penjualan personal, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan pemasaran langsung yang semua upaya tersebut pada dasarnya guna meningkatkan volume penjualan dari suatu produk organisasi bisnis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan utama yakni bagaimana proses segmentasi pasar dan promosi dalam meningkatkan volume penjualan di Toko Getuk Goreng Eka Sari Sokaraja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi partisipasi moderat, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya, meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses segmentasi pasar yang diterapkan Toko Getuk Goreng Eka Sari Sokaraja adalah menggunakan segmentasi geografis dan segmentasi perilaku dengan beberapa program, seperti target tempat wisata untuk meningkatkan volume penjualan, program jemput bola tim pemasaran di masing-masing tempat wisata, program kesempatan konsumen menjadi wisatawan, program status konsumen sebagai biro atau agen-agen bus wisata serta program status konsumen sebagai wisatawan. Sementara untuk promosi, meliputi semua bauran promosi dengan berbagai program yang diterapkan seperti brosur, baliho, media online, presentasi penjualan, pameran dagang, hubungan pemasaran, frekuensi penjualan, pemberian contoh produk, kegiatan sponsor, kegiatan sosial, email, dan telepon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: segmentasi pasar, promosi, volume penjualan, dan Toko Getuk Goreng Eka Sari
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 03 Dec 2018 00:30
Last Modified: 03 Dec 2018 00:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4582

Actions (login required)

View Item View Item