STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA DINAS TENAGA KERJA, KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUMAS

Sofiy Hasbiyyah, NIM. 1423203168 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA DINAS TENAGA KERJA, KOPERASI DAN UMKM KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
SOFIY HASBIYYAH_STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM PADA DINAS TENAGA KERJA, KOPERASI DAN UKM KABUPATEN BA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Usah Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu program pembangunan bidang ekonomi yang bertujuan untuk menyelenggarakan UMKM secara menyeluruh dan optimal sehingga diharapkan mampu meningkatkan kedudukan, peran dan potensi UMKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Akan tetapi UMKM di Kabupaten Banyumas tidak sepenuhnya menyerap pengangguran dan pelaku UMKM relatif sedikit dibandingkan jumlah penduduk di Kabupaten Banyumas. Jika UMKM tersebut dikelola dengan baik maka dapat bersaing dan menjadi penopang utama perekonomian daerah. Perkembangan UMKM ini tidak terlepas dari peran Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas selaku pemerintah dalam pengembangan UMKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis kualitatif model interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dianalisis menggunakan matriks analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT, maka alternatif strategi yang dapat dikembangkan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Banyumas dalam mengembangankan UMKM adalah mengembangkan produk UMKM, mengembangkan masyarakat banyumas sebagai pasar potensial, mengembangkan pusat-pusat pelayanan perekonomian regional, mengembangkan iklim yang kondusif, mengembangkan masyarakat banyumas sebagai pasar potensial, mengembangkan lapangan pekerjaan, mengembangkan produk-produk yang berkualitas, mengembangkan produk yang beredar dengan ketentuan memenuhi undang-undang dan mengembangkan kecenderungan masyarakat menengah ke atas yang cinta terhadap produk dalam negeri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan dan UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:20
Last Modified: 30 Oct 2018 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4555

Actions (login required)

View Item View Item