ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL (UAS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IVSD 1 N BANJARSARIKULON KECAMATAN SUMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017

AJI PATURUSI, 1423305091 (2018) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL (UAS) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IVSD 1 N BANJARSARIKULON KECAMATAN SUMBANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
FILE 2 Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
FILE-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester gasal amata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas IV SD N 1 Banjarsari Kulon tahun ajaran 2016/2017 yang ditinjau dari Validitas, Reliabilitas, Efektivitas Pengecoh, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Banjarsari Kulon. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Versi 4 dan perhitungan manual menggunakan bantuan program excel. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Berdasarkan Validitas, soal yang valid berjumlah 9 soal atau 36% sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 16 soal atau 64%; (2) Berdasarkan Reliabilitas, dapat disimpulkan butir soal ujian akhir semester gasal mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan tahun ajaran 2016/2017 sedang atau soal perlu diperbaiki karena memiliki tingkat reliabilitas sebesar 0,68; (3) Berdasarkan analisis Efektivitas Pengecoh, terdapat 3 soal atau 12% butir soal yang dinyatakan memiliki pengecoh berkualitas baik, 5 soal atau 20% butir soal memiliki kualitas yang cukup baik, sebanyak 7 soal atau 28% butir soal berfungsi kurang baik dan 10 soal atau 40% butir soal berkualitas tidak baik; (4) Berdasarkan Tingkat Kesukaran, butir yang tergolong sukar berjumlah 9 butir atau 36%, butir soal yang tergolong sedang berjumlah 13 butir atau 52%, dan butir soal yang tergolong mudah berjumlah 3 butir atau 12%; (5) Berdasarkan Daya Pembeda, butir soal yang memiliki daya pembeda negative atau harus diganti berjumlah 1 butir atau 4%, butir soal yang memiliki daya pembeda jelek berjumlah 10 butir atau 40%, butir soal yang memiliki daya beda cukup berjumlah 4 butir atau 16%, daya beda baik berjumlah 7 butir atau 28%, dan butir soal dengan daya beda sangat baik berjumlah 3 butir atau 12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Soal, Kewarganegaraan, Banjarsari Kulon, Sumbang.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:39
Last Modified: 09 Oct 2018 01:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4529

Actions (login required)

View Item View Item