PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS KERJASAMA DENGAN PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN SIRAU (STUDI DI SMP MA’ARIF NU 2 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS)

Aisyah Sufanda Afriliawati, NIM. 1323303034 (2018) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS KERJASAMA DENGAN PONDOK PESANTREN ROUDHOTUL QUR’AN SIRAU (STUDI DI SMP MA’ARIF NU 2 KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AISYAH SUFANDA AFRILIAWATI_PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS KERJASAMA DENGNA PONDOK PES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak lepas dari kehidupan. Pendidikan umum dan pendidikan Agama dapat kita peroleh di sekolah formal dan non formal. Apabila dua lembaga pendidikan yang masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda satu sama lain maka kedua lembaga tersebut akan semakin kuat dan mampu mencapai kuantitas dan kualitas input serta ouputnya. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan Mutu Pendidikan Agama Berbasis Kerjasama Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Sirau (Studi di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Kabupaten Banyumas)? Pokok persoalannya adalah peningkatan Mutu Pendidikan Agama Berbasis Kerjasama Pondok Pesantren dengan sekolah menengah pertama, dan manfaatnya adalah menjadikan penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pengambilan latar di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Sirau dan di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data kemudian menganalisis data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitiannnya adalah pada program kerjasama Pondok Pesantren dengan Sekolah Menengah Pertama, sedangkan subjeknya adalah pengasuh Pondok Pesantren, Kepala Sekolah, Waka kesiswaan dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam program kerjasama Pondok Pesantren dapat meningkatkan mutu pendidikan agama di SMP Ma’arif NU 2 Kemranjen diantaranya pengembangan kurikulum yang meliputi program wajib pesantren, program unggulan atau nol jam, program ma’had Ramadhan, pemanfaatan sumber daya manusia diantaranya adanya program ekstrakurikuler bahasa Inggris dan Bahasa Arab dan pemanfaatan sarana prasarana meliputi shalat dhuha berjamaah dan shalat dzuhur berjamaah. Ketiga program kerjasama tersebut sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan mutu Pendidikan Agama, Kerjasama, Pondok Pesantren.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 26 Nov 2018 23:51
Last Modified: 26 Nov 2018 23:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item View Item