Eka Nurhidayati, 1323301065 (2018) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA’ARIF NU 01 PANGEBATAN KECAMATAN KARANG LEWAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text
EKA NURHIDAYATI_PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan penelitian yang membahas tentang penerapan metode Bercerita dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Khususnya di Kelas III, dan juga kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimana penerapan metode Bercerita pada pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MI Ma’arif NU 01 Pangebatan kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018?” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman siswa khususnya kelas III pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Ma’arif NU 01 Pangebatan kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Metode Bercerita dalam Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam Khususnya kelas III di MI Ma’arif NU 01 Pangebatan yang diterapkan oleh guru, yang pertama yaitu dengan mempersiapkan kerangka peta pikiran metode bercerita terkait dengan materi Sejarah Kebudayaan Islam yang akan diajarkan. Dalam penerapan metode bercerita, guru tidak menerapkan secara sendiri, tetapi dikolaborasikan dengan berbagai macam metode.Penerapan metode Bercerita dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Khususnya kelas III di MI Ma’arif NU 01 Pangebatan mampu membangkitkan motivasi siswa, oleh karena itu siswa merasakan bahwa dengan penggunaan metode bercerita mereka merasa memiliki keceriaan untuk mengikuti pembelajaran.Penggunaan peta konsep pembelajaran yang diterapkan oleh guru di MI lebih menarik dan tidak membosankan,sehingga materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat lebih cepat dipahami dan mudah diingat oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 02:18 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 02:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4504 |
Actions (login required)
View Item |