Shafi'atun Nur Khasanah, NIM. 1423305262 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU 1 KRACAK KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
SYAFI'ATUN NUR KHASANAH_PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi yang diperoleh siswa dalam kegiatan belajarnya tidak hanya ditentukan oleh guru. Melainkan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah motivasi belajar secara intrinsik. Motivasi belajar intrinsik merupakan motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Siswa yang termotivasi dalam belajar akan melakukan kegiatan belajar semata-mata untuk menguasai nilai-nilai yang terkandung dalam bahan pelajaran., bukan karena keinginan lain seperti ingin mendapat pujian, nilai yang tinggi, atau hadiah dan sebagainnya. Bila siswa mempunyai motivasi belajar secara intrinsik, maka ia akan secara sadar melakukan kegiatan belajarnya tanpa perlu adanya motivasi dari luar dirinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitiannya adalah motivasi belajar intrinsik siswa kelas V di MI Ma’arif NU 1 Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh angora populasi siswa kelas V yang berjumlah 40 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar siswa kelas V di MI Ma’arif NU 1 Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Besar pengaruhnya dapat dilihat dari nilai R square yang diperoleh yaitu 0,587. Artinya pengaruh variabel X (motivasi belajar intrinsik) terhadap variabel Y (prestasi belajar) adalah sebesar 58.7 %. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besar Y= 54,440+0,340X yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X = 0, maka nilai variabel Y adalah sebesar 54,440. Koefisien regresi sebesar 0,340 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (motivasi belajar intrinsik) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (prestasi belajar) sebesar 0,340.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Motivasi Belajar Intrinsik, Prestasi Belajar |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 23:50 |
Last Modified: | 26 Nov 2018 23:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4494 |
Actions (login required)
View Item |