TOFIQ HIDAYAT, NIM. 102332073 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs MA’ARIF NU 1 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (783kB) | Preview |
|
![]() |
Text
TOFIQ HIDAYAT_STRATEGI PEMBELAJARAN QIRA’AH DI MTs MA’ARIF NU 1 AJIBARANG.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas terdapat siswa yang bervariasi diantaranya siswa belum lancar bahkan tidak bisa membaca tulisan Arab. Sebagian ada yang mengikuti pendidikan di TPQ dan sebagian belum mengikuti pendidikan di TPQ, dan juga latar belakang jenjang pendidikan sebelumnya ada yang dari SD yang tidak ada mata pelajaran bahasa Arab dan ada yang dari MI yang di dalamnya ada mata pelajaran bahasa Arab. Siswa juga merasa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit sehingga motivasi untuk mempelajarinya sangat rendah. Oleh sebab itu, dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, guru harus memperhatikan kemampuan masing-masing siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran qira’ahdi MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran qira’ah di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang. Strategi dalam pembelajaran Bahasa Arab antara lain membaca keras, membaca dalam hati, membaca cepat, dan membaca analitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode observasi dan wawancara untuk menggali dan mengahayati lebih dalam subjek dan objek penelitian secara langsung . penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk melengkapi data-data tentang objek penelitian. Objek dari penelitian ini adalah penerapan strategi Pembelajaran qira’ah di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas, sedangkan subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Arab kelas VII dan siswa kelas VII. Dari penelitian yang penulis lakukan, strategi pembelajaran qira’ah yang diterapkan di MTs Ma’arif NU 1 Ajibarang yaitu strategi membaca keras, membaca dalam hati, membaca cepat, membaca analitif. Kata kunci: strategi, pembelajaran, qira’ah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 12 Jul 2016 07:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2016 07:52 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/446 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |