Mufid Rokhman, NIM. 1423402098 (2018) EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SUBRAYON 6 BANYUMAS. Masters thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (693kB) | Preview |
|
|
Text
MUFID ROKHMAN_EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERSERTIFIKAT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi bangsa Indonesia yaitu rendahnya mutu pendidikan. Hal ini disebabkan karena masih rendahnya motivasi kerja dan kinerja guru. Untuk itulah Pemerintah menerapkan program sertifikasi. Diharapkan dengan adanya program sertifikasi yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru, maka motivasi kerja guru akan meningkat dan kinerja guru menjadi optimal,kualitas pendidikan juga diharapkan meningkat. Sementara ini ada pendapat bahwa sertifikasi tidak menjamin bahwa kinerja guru dapat menjadi lebih optimal. Oleh karena itu, permasalahan dalam penelitian ini, adalah “Bagaimana Kinerja Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Bersertifikat Pendidik Pada Subrayon 6 Banyumas?” Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan agama islam sekolah menengah pertama yang bersertifikat pendidik pada subrayon 6 Banyumas yang berjumlah 17 guru. Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengawas pendidikan agama Islam, ketua MKKS subrayon 6 Banyumas, Pembina MGMP PAI subrayon 6 dan guru pendidikan agama Islam bersertifikat pendidik pada subrayon 6 Banyumas. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara untuk memperoleh data mengenai Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP Bersertifikat Pendidik Subrayon 6 Banyumas tahun pelajaran 2017/2018 semester gasal. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam SMP Bersertifikat Pendidik pada subrayon 6 Banyumas ada 3 kualifikasi,yaitu amat baik 29,41%, baik 52,94% dan cukup 17,65%. Kinerja GPAI SMP bersertifikat pendidik yang dievaluasi adalah dalam aspek rencana pembelajaran dan pelaksanaannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Sertifikat Pendidik |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | K Kristiarso |
Date Deposited: | 28 Sep 2018 02:58 |
Last Modified: | 28 Sep 2018 02:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4432 |
Actions (login required)
View Item |