STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM INDUSTRI KERAMIK PURWAREJA-KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA

Ayu Nurfita Daniatun, NIM. 1423203092 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM INDUSTRI KERAMIK PURWAREJA-KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU NURFITA DANIATUN_STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM INDUSTRI KERAMIK PURWAREJA-KLAMPOK KABUPATEN BANJ.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UMKM Industri Keramik di Banjarnegara tidak pernah lepas dari namanya masalah, baik masalah internal maupun eksternal. Permasalahan internal yang dihadapi yaitu kurangnya permodalan dan kualitas dan kuantitas Sumber daya manusia yang kurang memadai, sedangkan permasalahan eksternal yaitu kebutuhan konsumen dan kondisi pasar yang tidak menentu dan bahan baku yang mengalami kenaikan. Sedangkan penelitan ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dapat mengembangkan UMKM Industri Keramik Purwareja-Klampok di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Keramik Purwareja Klampok pada tanggal 10 September 2017 –19 Maret 2018. Subjek penelitian ini adalah para pegawai Disperindagkop dan UMKM dan para pengrajin industri keramik Purwareja Klampok. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Dimana data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta merumuskan strategi suatu perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan industri keramik Purwareja Klampok yang dapat digunakan yaitu mengembangkan keahlian para pengrajin pemula melalui pelatihan, mengembangkan pelayanan melalui kartu IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil), mengembangkan produk kerajinan keramik dengan ciri khasnya yg berkualitas, mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dengan melakukan pembinaan, memperbanyak modal untuk mengembangkan usaha, memanfaatkan teknologi untuk melakukan promosi dan melakukan penetrasi pasar secara intensif dengan meningkatkan kualitas, variasi, serta inovasi produk keramik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pengembangan, UMKM, industri keramik, dan analisis SWOT.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.2 Manajemen Pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 27 Sep 2018 04:03
Last Modified: 27 Sep 2018 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item