MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN HAJI SULONG

Muhammad Kama, 1323303099 (2018) MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN HAJI SULONG. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD KAMA_MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MENURUT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hal-hal sebagai berikut, di antaranya (1) untuk mengetahui pendidikan pada masa Haji Sulong (2) untuk mengetahui konsep pengembangan mutu pendidikan menurut pemikiran Haji Sulong (3) untuk mengetahui pemikiran Haji Sulong tentang manajemen mutu pendidikan. Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dalam penelitian kepustakaan (library research), penelitian yang dilakukan dengan mengkaji meneliti berbagai data yang terkait dengannya, baik yang berasal dari sumber data utama (primary sources) maupun sumber data pendukung (secondary sources), sehingga dapat ditemukan ide atau gagasan Haji Sulong tentang konsep pengembangan pendidikan di Patani Selatan Thailand. Adapun sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber skunder. Sumber primer (primary sources) adalah sumber data yang diperoleh dari objek penelitian yang berkaitan dengan penelitian yaitu karya-karya Haji Sulong. Kemudian sumber skunder (second sources), yaitu sumber data yang dimaksud berupa karya-karya penelitian baik skripsi, tesis, diserta, jurnal dan lain-lain yang menuangkan pemikirannya dalam batas relavansinya dengan persoalan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan: menggunakan teknik studi pustaka atau studi perpustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik qualitative content analysis.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) pendidikan di Patani pada masa Haji Sulong yaitu adanya perubahan sistem pendidikan berbasis pondok (tradisional) menjadi Madrasah (modern). Hal ini, menimbulkan reaksi pro dan kontra oleh kelompok masyarakat serta berdampak positif dan negatif. (2) konsep pengembangan mutu pendidikan pada masa Haji Sulong, di antaranya mempunyai tujuan yaitu pengembangan mutu pendidikan, menggagas madrasah yang mencakup tingkat pendidikan, materi pembelajaran dan sistem pembelajaran di Madrasah al-Ma’arif al-Wathoniyah. (3) Pemikiran Haji Sulong tentang manajemen mutu pendidikan dilandasi dan didukung oleh beberapa aspek di antaranya; kelembagaan, sumber daya manusia yang memadai, sumber belajar yang meliputi tenaga pendidik/ guru, bahan bacaan, kerja sama, dan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan Mutu Pendidikan, Pemikiran Haji Sulong.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:57
Last Modified: 26 Sep 2018 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4398

Actions (login required)

View Item View Item