VikiDwiWahyuNingsih, 1423303074 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MUATAN LOKAL MEMBATIK BAGI SISWA PROGRAM STUDI DI SMA NEGERI 1 SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (938kB) | Preview |
|
Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN KURIKULUM MUATAN LOKAL MEMBATIK BAGI SISWA PROGRAM STUDI DI SMA NEGERI 1 SO.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Suatu program dapatdikatakanefektifapabilamemenuhibeberapakriteriadiantaranyasepertikejelasantujuan yang hendakdicapai, kejelasanstrategipencapaiantujuan, proses analisisdanperumusankebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianyasaranadanprasaranakerja, pelaksanaan yang efektifdanefisien, sifatpengawasandanpengendalian yang mendidik. SMA Negeri 1 SokarajasebagaiSekolahpenyelenggaraPendidikanBerbasisKeunggulanLokalMembatik (PBKL) sejaktahun 2009 memasukkanmatapelajaranmembatikkedalamKurikulumMuatanLokalnya. Tujuandaridiadakannyakurikulummuatanlokalmembatik di sekolahtersebutadalahsekolahinginmemberikanpengetahuankepadasiswa yang tadinyatidaktahu batik, tidakdapatmembuat batik, tidakmenyukai batik menjaditahu batik, tahucaramembuat batik danmenyukai batik, sertasekolahjugainginmencetakgenerasipenerusbudaya batik di daerahSokaraja, Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: “BagaimanaEfektivitasPenerapanKurikulumMuatanLokalMembatikbagiSiswa Program Studi di SMA Negeri 1 Sokaraja?” Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengetahuilebihlanjuttentangefektivitaskurikulummuatanlokalmembatikbagisiswa di SMA Negeri 1 Sokarajasertakendala-kendala yang dialamidalampengembanankurikulummuatanlokalmembatiktersebut.Jenispenelitianini, merupakanpenelitianlapangan (field research) danpenelitianinidigolongkankedalamdeskriptifkualitatif.Pengumpulan data penelitianinimenggunakanmetodewawancara, observasi, dandokumentasi, sedangkananalisis data penelitianmenggunakanpolainteraktif,yaitureduksi data, penyajian data,danpenarikankesimpulan. Dari hasilpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwapenerapanKurikulumMuatanLokalMembatik di SMA Negeri 1 Sokarajasudahberjalansecaraefektif.Hal tersebutdapatdibuktikandariperencanaankurikulum yang dilakukandenganbenarsepertiperumusantujuan yang jelas, penetuanisikurikulumsesuaikebutuhan , kemudianpelaksanaankurikulum yang dilakukansesuaiketentuanperencanaan, sertaevaluasikurikulum yang membuktikanbahwatujuan yang telahdirancangdalam proses perencanaandapatdicapaidenganbaikyaitumemberikanpengetahuanterhadapsiswa yang sebelumnyatidaktahu batik, tidaktahucaramembuat batik dantidaksuka batik menjaditahu batik, tahucaramembuat batik danmenyukai batik. Sekanjutnyauntukkendala-kendala yang dialamidalampengembangansertapelaksanaan program kurikulummuatanlokalmembatiksejauhinimasihdapatdiatasidenganbaik. Kata Kunci :EfektivitasKurikulum, MuatanLokalMembatik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :EfektivitasKurikulum, MuatanLokalMembatik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 26 Sep 2018 02:01 |
Last Modified: | 26 Sep 2018 02:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4394 |
Actions (login required)
View Item |