MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DIPONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUARAN

Irawati, NIM. 1123303064 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DIPONDOK PESANTREN AL-QUR’AN AL-AMIN PABUARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
IRAWATI_MANAJEMEN PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN Al-QUR’AN AL-AMIN PABUARAN TAHUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)

Abstract

Manajemen merupakan suatu kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian untuk mencapai tujuan baik organisasi maupun pribadi, menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. pembelajaran tidak akan berhasil apabila tidak dikelola dengan baik, sehingga kegiatan belajar mengajar akan baik juga. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke Pondok pesantren Al-Qur’an AlAmin Pabuaran Purwokerto Utara. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganaliss data penulis menggunakan analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, data penulis peroleh dari pengasuh pondok, dan pengajar kitab kuning. Dari hasil penelitian penulis peroleh bahwa, manajemen pembelajaran dipondok pesantren Al-Qur’an Al-amin Pabuaran dapat diuraikan dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanan pembelajaran dipondok Pesantren Al-Qur’an Al-amin Pabuaran ini berawal pada kemampuan santrinya itu sendiri, apabila santri tersebut masih awam keilmuan pesantrnnya dalam pembelajaran kitab maka disesuaikan dengan diorientasikan mempelajari kitabkitab yang mendasar hingga yang tinggi. Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dipondok pesantren Al-Qur’an Al-amin Pabuaran masih memakai sistem klasikal. Evaluasi pembelajaran kitab kuning dipondok Pesantren Al-Qur’an Al-Amin Pabuaran berorintasi pada ketuntasan materi, satu kitab dipelajari secara terus menerus dan berulang-ulang hingga pada akhirnya santri memahami isi dan kandungan dari kitab yang dipelajarinya tersebut dengan sistem sorogan dan hafalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran, kitab kuning, pondok pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Sep 2018 00:51
Last Modified: 21 Sep 2018 00:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item