MANAJEMEN PEMBINAAN MENTAL KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGJATI SAMPANG CILACAP

Dewi Masitoh, NIM: 1123303029 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN MENTAL KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGJATI SAMPANG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DEWI MASITOH_MANAJEMEN PEMBINAAN MENTAL KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGJATI SAMPANG CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manajemenpembinaan mental kepribadiansantrimerupakanusaha yang dilakukanolehpihakpondokpesantrenuntukmembinasantri-santrinyamempunyaikepribadian yang terpujidanberakhlakkarimah.Dalammanajemenpembinaan mental kepribadiansantrikegiatannyayaitumengupayakandanmembawasuatukeadaan yang seharusnyaterjadidenganmemanfaatkanpihak-pihaktertentuuntukmembentukperilaku, sikapatauunsur-unsurjiwatermasukpikiran, sikap (attitude) danperasaan agar sesuaidengantujuanmanusiasebagaikholifahdi bumi. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield research.LokasipenelitianyaitupondokpesantrenNurul Islam KarangjatidengansubjeckpenelitianKyai, ustadz, danpengurussertasantri.Metodepengumpulan data yang digunakanyaituwawancara, observasidandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisissebelumdilapangan, analisisselamadilapangandansetelahselesai di lapangan, yang akandireduksi data sesuaigambaran data yang diperlukanlaludisajikandalambentukdata display danditarikkesimpulansesuai data yang didapatkan di lapangan.Selajutnyapenulismelakukanujikeabsahan data agar data yang dilaporkanolehpenelitidengan data yang sesungguhnyaterjadibenaradanyapadaobyekpenelitian. Setelahpenelitianinidilakukan, diperolehkesimpulanbahwamanajemenpembinaan mental kepribadiansantridi ponokpesantrenNurul Islam Karangjati, Sampang, Cilacapadalahmelaluiperencanaansantri, perencanaan di pondokpesantrenberbedadengansekolah formal yang lebihmengutamakankedokumentasi data padapesantrenperencanaanberada di fikirankyai yang bertujuanmembentukinsanberiman, generasiQur’ani yang berilmuamaliyahdanberamalilmiyah. Kyaisebagaipengasuhdalampelaksanaantujuantidakbekerjasendirimelainkanbekerjasamadenganpengurus, ustadz/ah, lurahpondokdan madrasah diniyahsebagaitempatkeduasantrimenimbailmu agama dankitabklasik. PengorganisasianpembinaanpondokpesantrendipimpinolehKyaidandibantuolehpengurusdanustadz-ustadzahsertalurahpondokpesantren.Sedangkanpengorganisasianpembinaan di madrasah diniyah, kyaidibantuolehkepalamadrsahdiniyahsertaOrganisasiSantri Intra Madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 11 Jul 2016 04:20
Last Modified: 11 Jul 2016 04:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item