Dewi Masitoh, NIM: 1123303029 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN MENTAL KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGJATI SAMPANG CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
DEWI MASITOH_MANAJEMEN PEMBINAAN MENTAL KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KARANGJATI SAMPANG CILACAP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Manajemenpembinaan mental kepribadiansantrimerupakanusaha yang dilakukanolehpihakpondokpesantrenuntukmembinasantri-santrinyamempunyaikepribadian yang terpujidanberakhlakkarimah.Dalammanajemenpembinaan mental kepribadiansantrikegiatannyayaitumengupayakandanmembawasuatukeadaan yang seharusnyaterjadidenganmemanfaatkanpihak-pihaktertentuuntukmembentukperilaku, sikapatauunsur-unsurjiwatermasukpikiran, sikap (attitude) danperasaan agar sesuaidengantujuanmanusiasebagaikholifahdi bumi. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganataufield research.LokasipenelitianyaitupondokpesantrenNurul Islam KarangjatidengansubjeckpenelitianKyai, ustadz, danpengurussertasantri.Metodepengumpulan data yang digunakanyaituwawancara, observasidandokumentasi.Metodeanalisis data yang digunakanadalahanalisissebelumdilapangan, analisisselamadilapangandansetelahselesai di lapangan, yang akandireduksi data sesuaigambaran data yang diperlukanlaludisajikandalambentukdata display danditarikkesimpulansesuai data yang didapatkan di lapangan.Selajutnyapenulismelakukanujikeabsahan data agar data yang dilaporkanolehpenelitidengan data yang sesungguhnyaterjadibenaradanyapadaobyekpenelitian. Setelahpenelitianinidilakukan, diperolehkesimpulanbahwamanajemenpembinaan mental kepribadiansantridi ponokpesantrenNurul Islam Karangjati, Sampang, Cilacapadalahmelaluiperencanaansantri, perencanaan di pondokpesantrenberbedadengansekolah formal yang lebihmengutamakankedokumentasi data padapesantrenperencanaanberada di fikirankyai yang bertujuanmembentukinsanberiman, generasiQur’ani yang berilmuamaliyahdanberamalilmiyah. Kyaisebagaipengasuhdalampelaksanaantujuantidakbekerjasendirimelainkanbekerjasamadenganpengurus, ustadz/ah, lurahpondokdan madrasah diniyahsebagaitempatkeduasantrimenimbailmu agama dankitabklasik. PengorganisasianpembinaanpondokpesantrendipimpinolehKyaidandibantuolehpengurusdanustadz-ustadzahsertalurahpondokpesantren.Sedangkanpengorganisasianpembinaan di madrasah diniyah, kyaidibantuolehkepalamadrsahdiniyahsertaOrganisasiSantri Intra Madrasah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 11 Jul 2016 04:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2016 04:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |