DESY EKA SARI, NIM. 1123305097 (2016) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI MA`ARIF NU TIPAR RAWALO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf Download (730kB) | Preview |
|
Text
DESY EKA SARI_PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI MA`ARIF NU TIPAR RAWALO TAHUN PELAJARAN 20152016.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran sangatlah penting digunakan bagi seorang guru ketika mengajar, karena penggunaan strategi pembelajaran seharusnya merupakan bagian yang terpenting yang harus mendapat perhatian seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan memiliki strategi pembelajaran seorang guru akan mempunyai pedoman dalam bertindak yang berkenaan dengan berbagai alternatif pilihan yang mungkin dapat dan harus ditempuh. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara sistematis, terarah, lancar dan efektif. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di kelas IV MI Ma‟arif NU Tipar Rawalo sudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri sebagai strategi pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) di MI Ma‟arif NU Tipar Rawalo. Adapun manfaat dari penelitian ini bagi guru yaitu dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi terhadap pembelajaran yang sudah berlangsung. Jenis penelitian yag digunakan dalam penelitian iniadalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu Rumiasih, S.Pd.I dan Bapak Himawan, S.Pd.I selaku guru kelas IVA dan IVB dan juga siswa kelas V MI Ma‟arif NU 1 Tipar Rawalo. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran inkuiri yang digunakan guru dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) kelas IV di MI Ma‟arif NU 1 TiparRawalo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan alam (IPA) di MI Ma‟arif NU 1 Tipar Rawalo sudah terlaksana dengan baik. Pada tahap perencanaan, guru menyiapkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Strategi pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Kata kunci : Strategi pembelajaran inkuiri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim |
Date Deposited: | 11 Jul 2016 03:20 |
Last Modified: | 11 Jul 2016 03:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/433 |
Actions (login required)
View Item |