Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Rosita Afani NIM. 1423301113

Rosita Afani, 1423301113 (2018) Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang Rosita Afani NIM. 1423301113. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text
ROSITA AFANI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MTS MA’ARIF NU 1 SUMBANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang terlaksana sejak tahun 2008. Berawal dari keprihatinan akan keadaan siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an ini kemudian para guru di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang mengadakan program pembelajan baca tulis Al-Qur’an yang bertujuan untuk meningkatkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-qur’an. Kondisi ini menarik untuk diteliti karena dalam implementasinya digunakan berbagai strategi dan tahap-tahap yang menarik. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimanapembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang. Dalam hal ini, peneliti memfokuskan penelitiannya di kelas 8 tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari guru pengampu mata pelajaran baca tulis Al-Qur’an di Mts Ma’arif NU 1 Sumbang, juga pengamatan langsung dalam implementasi pembelajaran BTA. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU 1 Sumbang dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam seminggu. Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dilakukan dengan tiga tahap pertama, perencanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an meliputi merencanakan perangkat pembelajaran, menyiapkan bahan ajar dan metode. Kedua, pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an meliputi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas yang dibagi menjadi 2 kali pertemuan yaitu pertemuan pertama membahas materi tajwid dan pada pertemuan kedua prektek membaca dan menulis Al-Qur’an. Ketiga, evaluasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an meliputi, pretest, tes kenaikan halaman jilid yang dilakukan seminggu sekali, tes imla’, dan evaluasi madrasah. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Baca, Tulis, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Baca, Tulis, Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Sep 2018 00:44
Last Modified: 19 Sep 2018 00:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item