PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO DINAR MAYWARA 1423301264

DINAR MAYWARA, 1423301264 (2018) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 4 PURWOKERTO DINAR MAYWARA 1423301264. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
JUDUL BAB1,BAB 5 , DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL DINAR 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dirubah nama menjadi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Proseskegiatan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan pada standar kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD).Salah satu penekanan dari implementasi kurikulum 2013 adalah Penilaian Autentik (authentic assement), dimana guru melakukan penilaian tidak hanya hasil saja tapi juga proses dengan benar-benar memperhatikan tiga ranah dalam penilaian, yaituranahafektif (sikap), kognitif (pengetahuan) danpsikomotorik (keterampilan). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana proses penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Purwokerto yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporannya sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur tentang penilaian autentik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatifyang bersifat data analisisdeskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dengan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan SMA Negeri 4 Purwokerto mengenai penilaian autentik kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dapat penulis simpulkan bahwa 1) perencanaan penilaian autentik kurikulum 2013 mengacu pada pedoman panduan penilaian tingkat SMA dan Permendikbud No. 104 Tahun 2014, 2) pelaksanaan penilaian autentik dilakukan dengan tes dan nontes, 3) pengolahan penilaian autentik dengan menggabungkan tiga komponen nilai yakni penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan, 4) pelaporan hasil belajar penilaian autentik dalam bentuk rapor yang memiliki dua unsur nilai yakni nilai angka dan nilai huruf serta terdapat deskripsi pencapaian dari peserata didik. Kata kunci : Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:24
Last Modified: 17 Sep 2018 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4297

Actions (login required)

View Item View Item