PENGEMBANGAN KURIKULUM VOKASIONAL DI SMK WICAKSANA AL-HIKMAH II BENDA SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

ALFIYAN NAUFARY, 1522605049 (2018) PENGEMBANGAN KURIKULUM VOKASIONAL DI SMK WICAKSANA AL-HIKMAH II BENDA SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
ALFIYAN NAUFARY_PENGEMBANGAN KURIKULUM VOKASIONAL DI SMK WICAKSANA AL-HIKMAH II BENDA SIRAMPOG KA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulis tertarik melakukan penelitian ini, yaitu; Pertama, SMK Wicaksana merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang dalam pendiriannya sekolah tersebut didirikan oleh Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al-Hikmah II. Kedua, SMK Wicaksana berada dalam lingkungan Pondok Pesantren yang beberapa kebijakan sekolah mengacu kebijakan Pondok Pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui latar belakang dilaksanakannya kegiatan pengembangan kurikulum vokasional, mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan kurikulum vokasional, serta mengetahui tujuan dari pengembangan kurikulum vokasional di SMK Wicaksana Al-Hikmah II Benda Sirampog Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, penulis memperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Latar belakang pengembangan kurikulum vokasional di SMK Wicaksana adalah mengantisipasi kebutuhan dan tantangan masa depan yang diselaraskan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha/dunia industri, perkembangan dunia kerja, serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Kurikulum yang dikembangkan di SMK Wicaksana berlandaskan filosofis dengan mengambangkan nilai-nilai karakter islami yang mengacu pada filosofis pondok pesantren Al-Hikmah II, berlandaskan psikologis yang memperhatikan faktor psikologis anak dalam mengembangkan kurikulum, kemudian berlandaskan sosio teknologis yang tidak terlepas dalam kondisi sosial masyarakat setempat dan dalam mengembangkan kurikulum berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Selain itu proses pengembangan kurikulum vokasional SMK Wicaksana melalui 3 tahapan yaitu: pertama, merencanakan dengan membuat program kerja yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Kedua, melaksanakan pengembangan kurikulum dengan membuat draft kurikulum yang berisi dokumen tertulis kurikulum. Ketiga, mengevaluasi pengembangan kurikulum yang hasilnya digunakan untuk menyusun program kerja berikutnya. Kata kunci: Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Kurikulum Vokasional, dan Kurikulum Vokasional

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Kurikulum Vokasional, dan Kurikulum Vokasional
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Sep 2018 02:04
Last Modified: 17 Sep 2018 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item