MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENJADI MUZAKKI DI LAZISMU BANYUMAS MUDRIKAH

MUDRIKAH, 1423104026 (2018) MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENJADI MUZAKKI DI LAZISMU BANYUMAS MUDRIKAH. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (939kB) | Preview
[img] Text
MUDRIKAH_MANAJEMEN STRATEGI PENINGKATAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENJADI MUZAKKI DI LAZISMU BANYUMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)

Abstract

Era globalisasi telah menuntut perubahan besar di semua sektor, termasuk sektor lembaga zakat infak dan shodaqoh (ZIS).Persaingan di mana-mana semakin ketat, dibutuhkan kepribadian yang kuat dan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapinya.Implikasinya masyarakat menginginkan dari berbagai lembaga zakat dan lain sebagainya memiliki sumber daya yang dapat diandalkan. Tak sedikit diantara mereka yang rela mengorbankan banyak materi dan tenaga demi harta mereka, agar harta tersebut suci dengan cara mereka menyumbangkan atau mendonaturkan sebagian hartanya dan mereka memilih lembaga zakat yang berkualitas. Manajemen strategis mencoba menjawab permasalahan tersebut. Manajemen strategis menekankan dan mengutamakan pengamatan dan evaluasi mengenai peluang (opportunities) dan ancaman (threats) lingkungan eksternal perusahaan dengan melihat kekuatan (strengths) dan kelemahan (waeakness) dalam lingkungan internal perusahaan. Sementara itu, proses manajemen strategik meliputi empat elemen dasar yaitu: pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif serta penyajian analisis data non statistik.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknis analisis Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum lapangan dan analisis setelah di lapangan yaitu Reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan Verifikasi (ClonclutionDrawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan strategi yang telah diterapkan oleh LAZISMU Banyumas yang meliputi: (1) Analisis lingkungan internal dan eksternal dengan melihat peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan. (2) Perumusan strategi dari hasil analisis lingkungan, maka LAZISMU Banyumas mengambil keputusan dengan melakukan program-program yang bersifat permanen, peningkatan minat masyarakat, keagamaan dan mengingkatkan pelayanan yang sebaik mungkin. (3) Implementasi strategi pelaksana dalam kegiatan program yang telah dirumuskan yaitu dengan memanfaatkan SDM yang ada. (4) Evaluasi dan kontrol kegiatan ini dilakukan manajer atau direktur LAZIS selaku manajer puncak dengan melakukan pengawasan dan evaluasi yang dilakukan pada rapat bulanan. Kata Kunci: Manajemen Strategis dan Minat Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategis dan Minat Masyarakat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:38
Last Modified: 13 Sep 2018 08:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item View Item