PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA BEDA AGAMA DI SEKOLAH CONFUCIUS TERPADU SD MULIA BAKTI PURWOKERTO

YENI KURNIANINGSIH, 1423301255 (2018) PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA BEDA AGAMA DI SEKOLAH CONFUCIUS TERPADU SD MULIA BAKTI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text
YENI KURNIANINGSIH_PENANAMAN SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA BEDA AGAMA DI SEKOLAH CONFUCIUS TERPADU .pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Istilah toleransi berasal dari bahasa inggris, yaitu “tolerance” berarti sikap membiarkan, mengakui dan menghormati keyakinan orang lain tanpa memerlukan persetujuan. Bahasa Arab menterjemahkan dengan “tasamuh”, berarti saling mengizinkan, saling memudahkan. Toleransi dalam pergaulan hidup antar umat beragama, yang didasarkan kepada: setiap agama menjadi tanggung jawab pemeluk agama itu sendiri dan mempunyai bentuk ibadat (ritual) dengan sistem dan cara tersendiri yang ditaklifkan (dibebankan) serta menjadi tanggung jawab yang pemeluknya atas dasar itu, maka toleransi dalam pergaulan hidup antar umat beragama bukanlah toleransi antar masalah-masalah keagamaan, melainkan perwujudan sikap keberagamaan pemeluk suatu agama dalam pergaulan hidup antara orang yang tidak seagama, dalam masalah-masalah kemasyarakatan atau kemaslahatan umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman sikap toleransi antar siswa beragama di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto dalam menyikapi perbedaan. Serta dapat mengetahui kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Sekolah tersebut, dan mengetahui sejauh mana siswa-siswa yang berada di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto memahami makna perbedaan beragama yang ada di sekitar mereka atau lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu pengumpulan data dilakukan scara langsung di lokasi penelitian. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah penanaman sikap toleransi antar siswa beragama yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tenaga pengajar di sekolah tersebut. Sedangkan yang menjadi subjeknya adalah kepala sekolah, guru dan siswa-siswanya. Untuk memperoleh data dalam penelitian, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto berasal dari latar belakang agama yang berbeda. Dengan adanya penanaman sikap toleransi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru-guru di sekolah tersebut menjadikan siswa paham mengenai makna perbedaan, siswa pun menyadari bahwa di Indonesia memiliki beberapa agama yang sudah diakui oleh pemerintah dan harus dihormati. Kata Kunci : Penanaman, sikap, toleransi, siswa, beda agama, sekolah Confuciu Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, sikap, toleransi, siswa, beda agama, sekolah Confuciu Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto.
Subjects: 200 Religion > 201 Philosophy of Christianity
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:54
Last Modified: 13 Sep 2018 07:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4258

Actions (login required)

View Item View Item