RAHMAWATI, 1423305032 (2018) DESAIN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2017/208. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (660kB) | Preview |
|
![]() |
Text
RAHMAWATI_DESAIN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS BILINGUAL .pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) |
Abstract
Latarbelakangpenelitianiniadalahpembelajaran bilingual diterapkansebagaiwujudrespontuntutanpendidikan di era globalisaidenganmelahirkansumberdayamanusia yang berwawasan global, denganharapanpesertadidikmampubersaingdalamranahduniapendidikandenganbekalpengetahuandanpenguasaanbahasaInggrissebagaialatkomunikasiInternasional. Penelitianinibertujuanuntukmendiskripsikantentangbagaimanadesainpembelajaranpada program kelasbilingualyang meliputi: (1) Desaintujuanpembelajaranpada program kelasbilingual, (2) Desainmateripembelajaranpada program kelasbilingual, (3) Desainpengalamanbelajarpada program kelasbilingual, (4) Desainevaluasipembelajaranpada program kelasbilingualdi MI MuhammadiyahAjibarangKulonKecamatanAjibarangKabupatenBanyumas. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifyaitujenispenelitian yang menghasilkan data deskriptif.Data diperolehmelaluiobservasi, wawancara, dandokumentasi.Adapunanalisis data dalampenelitianiniterdiridaritigatahap, antara lain: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),danverification (penarikankesimpulan). Hasilpenelitianmenunjukanbahwapembelajaranbilingualditerapkandalampembelajaranmatematikadansainsbilingual, yang dalam proses pembelajarannyamenggunakanduabahasayaitubahasaInggrisdanbahasa Indonesia.Pelaksanaanpembelajaranbilingualditerapkansecarabertahap, yaknimulaiditerapkantahunajaran 2017/2018 padajenjangkelassatu c yang kemudianakanditerapkanpadakelas-kelasjenjangberikutnya. Program kelasbilingualpadapembelajaranmatematikadansainstidakhanyaterfokuspadaupayamembekalipesertadidikdengankemampuanpenguasaankosa kata danilmupengetahuan,sertateknologisaja, tetapipesertadidikjugadiharapkanmampuberkomunikasidenganbaikdenganbahasa Indonesia maupunbahasaInggrissebagaialatkomunikasiInternasional. Pembelajaranbilingualditerapkandalampembelajaranmatematikadansainsdengantujuanmewujudkansumberdayamanusia yangberkualitasdanberwawasan global. Kata kunci: DesainPembelajaran, Program KelasBilingual.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DesainPembelajaran, Program KelasBilingual. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 06:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 06:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |