HENI INDRIYANI, 1123304041 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 PEKUNCEN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I-BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (587kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HENI INDRIYANI_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJAR.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) |
Abstract
Keberhasilandalampembelajarandidukungolehstrategi/metode yang digunakan.Penggunaanstrategidalamkegiatanbelajarmengajarsangat penting karenauntukmempermudahdalampembelajaransehinggadapatmencapaihasil yang optimal.Tanpastrategi yang jelas, pembelajarantidakakanterarahsehinggatujuanpembelajaran yang telahditetapkansulittercapaisecara optimal, dengan kata lain pembelajarantidakdapatberlangsungsecaraefektifdanefisien. Strategi pembelajaran juga sangat penting diterapkan untuk mengembangkan keaktifan siswa di kelas sehingga siswa dapat menguasai materi dengan baik. PAI adalah Sebutanuntuksubjekpelajaran yang harusdipelajariolehpesertadidik yang beragama Islam dalammenyelesaikanpendidikantingkattertentu.Seperti yang dilakukanoleh guru kelas V di SD Negeri 1 Pekuncen Kec.Jatilawang Kab.Banyumas dalampembelajaran PAI menerapkanbeberapastrategipembelajaranaktif. Penelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) yaitusuatupenelitian yang dilakukanolehpenelitiuntukmengamatisecaralangsungterhadapfenomena-fenomena yang terjadidalamlokasipenelitianberdasarkankenyataan yang ada.Penelitianlapanganinibersifatdeskriptifkualitatif, yaitumenggambarkankeadaanberdasarkanfakta yang sebenarnyamengenaipenerapan strategipembelajaranaktifmata pelajaran PAI di kelas VSD N 1 Pekuncen Kecamatan Jatilawang. Data-data yang diperoleh, dipilih mana yang sesuai(reduction data), data yang sesuai kemudian disajikan (display data) lalu memberikan kesimpulan (verification data). Kesimpulan dari hasilpenelitian yang dilakukanmenunjukkan bahwa dalampembelajaran PAI di kelas V guru menerapkanstrategipembelajaranquestion student have, index card match, card short dan Group Resume. Dapat disimpulkan bahwa penerapanstrategipembelajarantersebutmampumembuatsuasanabelajarlebihmenyenangkandansiswadilatihberfikirsecaraaktifdanbelajarlebihkritissertadapatmengurangikebosanandalam proses pembelajaran. Kata Kunci : strategipembelajaranaktif, mata pelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategipembelajaranaktif, mata pelajaran PAI |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 10 Sep 2018 06:41 |
Last Modified: | 10 Sep 2018 06:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |