STRATEGI KOMUNIKASI HIPSI PURBALINGGA DALAM PEMBERDAYAAN PESANTREN

Rokhis (2017) STRATEGI KOMUNIKASI HIPSI PURBALINGGA DALAM PEMBERDAYAAN PESANTREN. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ BAB I _BAB V _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
STRATEGI KOMUNIKASI HIPSI PURBALINGGA DALAM PEMBERDAYAAN PESANTREN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan ekonomi melalaui pondok pesantren adalah salah satu gerakan alternatif untuk menumbuhkan perekonomian umat. Bagaimanapun, pesantren merupakan khazanah pendidikan dan budaya Islam di Indonesia. Potensi pesantren yang luar biasa dalam pemberdayaan umat, menjadi latar belakang berdirinya Himpunan Pengusaha Santri Indonesia atau yang disingkat HIPSI. Dengan visi mencetak santri enterpreneur yang berimbas kepada kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Pokok masalah dalam penelitian ini terbagi dalam tiga pertanyaan mendasar, yaitu konsep bisnis Islam HIPSI Kabupaten Purbalingga, strategi komunikasi bisnis HIPSI Kabupaten Purbalingga, dan model komunikasi HIPSI Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara mendalam, pengamatan (observasi) dan kepustakaan yang merupakan rujukan untuk menganalisis hasil penelitian. Sifat penelitian adalah deskriptif analisis. Penyusun mencoba menggambarkan dan menganalisa konsep bisnis Islam, strategi komunikasi bisnis, dan model komunikasi HIPSI Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian menjelaskan bahwa konsep bisnis Islam HIPSI Kabupaten Purbalingga, pada dasarnya berlandaskan pada empat hal, yaitu: Pemberdayaan Ekonomi Pesantren/Santri, Penguatan Etika Bisnis Islam, Mengoptimalkan Sumber Daya Alam, Menjalin Mitra dengan Lembaga-Lembaga. Sementara itu, strategi komunikasi bisnis Islam HIPSI Kabupaten Purbalinga, terlebih dahulu dilakukan dengan adanya perumsuan-perumusan strategi, melalui tahapan-tahapan, mengidentifikasi lingkungan, analisis internal dan eksternal, Merumuskan faktor-faktor ukuran keberhasilan, Melakukan evaluasi berbagai alternatif strategi, Memilih strategi yang paling sesuai. Berdasarkan rumusan strategi tersebut, maka strategi bisnis yang dilakukan oleh HIPSI Kabupaten Purbalingga adalah sebagai berikut: Pelatihan Motivasi Enterpreneurship/Kewirausahaan Bagi Santri, Pembinaan dan Pendampingan Santri, Pelatihan Keterampilan, Memperkuat dan Memperluas Jaringan Mitra Bisnis. Adapun terkait dengan Model Komunikasi Bisnis HIPSI Kabupaten Purblinnga, menempatkan diri sebagai media untuk menjembatani para santri yang ingin menjadi pengusaha. Sebagai media untuk menjembatani, HIPSI Kabupaten Purbalingga harus menjalin komunikasi, baik dengan pesantren ataupun mitra bisnis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Business Communication, HIPSI Purbalingga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 10 Sep 2018 03:31
Last Modified: 10 Sep 2018 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item View Item