SANDRA YULIANI, 1423305081 (2018) PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI MI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (764kB) | Preview |
|
Text
SANDRA YULIANI_PENANAMAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI MI MA’ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan krisis nilai karakter tanggung jawab yang semakin hari semakin bertambah buruk, akan jadi seperti apa bangsa Indonesia ini jika dibiarkan begitu saja oleh generasi-generasi yang tidak bertanggungjawab, bisa jadi bangsa ini akan hancuratau berubah menjadi bangsa yang rendah dan direndahkan.Penanaman nilai karakter tanggung jawab adalah suatu proses yang dilakukan untuk melekatkan sikap dan perilaku tanggung jawab agar tertanam dalam diri setiap peserta didik, yang akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Penelitian yang dilakukan di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter tanggung jawab di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala MI Ma’arif NU Sawangan Wetan, guru dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa penanaman nilai karakter tanggung jawab MI Ma’arif NU Sawangan Wetan dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran di kelas maupun kegiatan pembelajaran di luar kelas. Kedua kegiatan pembelajaran tersebut di dalamnya terkait dengan kegiatan rutin yang menjadi program pembiasaan madrasah dengan menggunakan beberapa metode penanaman nilai karakter tanggung jawab. Dari kegiatan-kegiatan tersebut telah mencakup seluruh bentuk tanggung jawab yang harus dimiliki seperti tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, keluarga, bangsa dan negara, serta terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kata Kunci: Penanaman, Nilai, Karakter,Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Nilai, Karakter,Tanggung Jawab. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 02:46 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 02:46 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4220 |
Actions (login required)
View Item |