IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI NEGERI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016

Arlinda Saputri, 1223305013 (2016) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI NEGERI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
ARLINDA SAPUTRI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 KELAS II ALI BIN ABI THALIB MI NEGERI PURWOKERTO K~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

PenelitianinidilatarbelakangiolehpentingnyasebuahpendekatanpembelajarandalamKurikulum2013.KurikulumTahun 2006 (KTSP) dikembangkandandiperbaruimenjadiKurikulum 2013.Salah satupembaharuannyaadalahmenggunakanpendekatanSaintifikdalampembelajaran. PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanimplementasipendekatanSaintifikdalamKurikulum 2013 kelas II Ali Bin Abi Thalib MI NegeriPurwokertoKabupatenBanyumastahunajaran 2015/2016. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitianlapangan yang bersifatdeskriptifkualitatif.Subjekdalampenelitianiniyaitu gurudansiswakelas II Ali Bin Abi Thalib, sertaKepala MI NegeriPurwokerto.Objek yang dikajiadalahimplementasipendekatanSaintifikdalamKurikulum 2013 yang ada di MI NegeriPurwokertotahunajaran 2015/2016.Metode yang digunakandalampengumpulan data adalahmetodewawancara, observasidandokumentasi.Analisis data yang digunakanadalah model Milesdan Huberman denganteknikreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenyatakanbahwa guru kelas II Ali bin Abi ThalibtelahmenerapkanpendekatanSaintifik yang diawalidenganmenyusun RPP yang disesuaikandengansilabusdanbuku guru. Kegiatanpembelajaran yang dilakukanterdiridaritigakegiatanyaitukegiatanpendahuluan, kegiatan inti, dankegiatanpenutup.Dalamkegiatan inti guru menggunakanpendekatanSaintifik yang meliputikegiatanmengamati yang dilakukandenganmengamatigambar, teks, video ataupun media terkaitdenganmateri yang disampaikan, menanyadilakukan guru denganmembimbingsiswauntukmengajukanpertanyaantentanghal yang sudahdiamati, mencoba/mengumpulkaninformasidengancaraberdiskusi, mengerjakansoal, danmenyimpulkanisiteks yang terdapatdalambukusiswa, menalar/mengasosiasidenganmelakukantanyajawabantara guru dengansiswadansiswadengansiswa, dandalammengkomunikasikanguru membimbingsiswauntukmenjelaskankesimpulantentangapa yang telahdipelajaribaikdalambentuktulisanmaupunsecaralisan.Guru melakukanpenilaianAutentik yang meliputiranahsikap, pengetahuan, danketerampilan. Hambatan yang ditemui guru yaitudalampelaksanaanpembelajarandanpenilaianpembelajaran.Dengandemikian guru kelas II Ali Bin Abi ThalibsudahmenerapkanpendekatanSaintifikdalamKurikulum 2013 denganbaiksesuaidanteori yang ada. Kata Kunci: ImplementasiPendekatanSaintifik, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Jun 2016 07:14
Last Modified: 30 Jun 2016 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item