PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS DUA MI MUHAMMADIYAH GRECOL

EHA NAHYATI, EHA NAHYATI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR PEMBAGIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS DUA MI MUHAMMADIYAH GRECOL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EHA NAHYATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas dua MI Muhammadiyah Grecol pada mata pelajaran Matematika kompetensi dasar Pembagian. Hal ini ditunjukan dengan jumlah siswa yang berhasil mendapat nilai diatas KKM 65 hanya 4 siswa dari 16 siswa atau 25%. Maka penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kompetensi Dasar Pembagian dengan Menggunakan Media Konkret pada Siswa Kelas Dua MI Muhammadiyah Grecol”. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan tidak sendiri namun dibantu dengan seorang teman sejawat atau guru dalam satu sekolah sebagai pengamat (observer) juga dapat disebut dengan penelitian secara kolaboratif. Teman sejawat (observer) bertugas (1) Mengamati pelaksanaan perbaikan pembelajaran mulai siklus I sampai dengan selesai. (2) Memberikaan masukan tentang kekuatan dan kelemahan-kelemahan yang terjadi selama pembelajaran. (3) Ikut merencanakan perbaikan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua MI Muhammadiyah Grecol dengan jumlah siswa sebanyak 16 anak yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap siklus memiliki tahapan-tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengambilan data dilakukan melalui tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kompetensi dasar pembagian bagi siswa kelas dua MI Muhammadiyah Grecol. Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang mengalami kenaikan dari pra siklus sebanyak 4 siswa atau sebesar 25%, menjadi sebanyak 7 siswa atau sebesar 43,75% dari 16 siswa pada siklus I, dan naik menjadi 13 siswa atau sebesar 81,25% dari 16 siswa pada siklus II. Hal ini berarti telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni lebih dari 80 % siswa tuntas belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Matematika, Pembagian, Media Konkret, MI Muhammadiyah Grecol
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:44
Last Modified: 13 Sep 2018 04:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4191

Actions (login required)

View Item View Item