PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MI MA’ARIF 04 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

APRI PURWANTI, NIM. 1423305184 (2018) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MI MA’ARIF 04 GENTASARI KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
APRI PURWANTI_PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MI MA’ARIF 04 GENTASARI KECAMATA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian dari sebuah gedung, ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku, dan berbagai jenis informasi lainnya dalam berbagai ragam tampilan yang sekaligus berfungsi sebagai sumber belajar. Koleksi dasar perpustakaan sekolah meliputi buku dan nonbuku (nonbook materials). Isi dari koleksi perpustakaan dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi untuk diolah menjadi suatu pengetahuan baru, maka dari itu perpustakaan dapat berfungsi sebagai tempat untuk penelitian. Perpustakaan juga dapat dimanfaat sebagai tempat hiburan, karena isi dari koleksi perpustakaan juga antara lain terdapat novel, komik, dan berbagai jenis cerita lainnya. Pemanfaatan yang dilakukan secara maksimal akan dapat mempermudah dan mendukung siswa dalam belajar melalui buku-buku yang disediakan Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentukbentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisa data yang digunakan melalui tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Dari hasil penelitian menunjukan bahwa MI Ma’arif 04 Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mampu memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan baik. Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar antara lain sebagai tempat informasi yang dilakukan dengan cara siswa dan guru datang ke perpustakaan sekolah untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Sebagai tempat edukasi atau rekreasi dilakukan dengan cara tersedianya berbagai macam koleksi perpustakaan sehingga memberikan kesempatan membaca bagi para pengguna, perpustakaan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif, dan perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian. sebagai tempat rekreasi hal ini lebih berhubungan dengan ilmu pengetahuan yaitu untuk menghibur diri dengan membaca buku bacaan yang menarik seperti novel, majalah, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Perpustakaan, Sumber Belajar
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 021 Library relationships
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 06 Sep 2018 00:35
Last Modified: 06 Sep 2018 00:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item