PEMBELAJARAN ASWAJA PADA KELAS INTENSIVE DI SMA MA’ARIF KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

TRIYAS YANUARTI, NIM. 1423301346 (2018) PEMBELAJARAN ASWAJA PADA KELAS INTENSIVE DI SMA MA’ARIF KROYA KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRIYAS YANUARTI_PEMBELAJARAN ASWAJA PADA KELAS INTENSIVE DI SMA MA’ARIF KROYA KECAMATAN KROYA .PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat sekarang banyak orang yang memiliki kecerdasan dan bakat yang istimewa namun masih rendahnya iman dan akhlakul karimah. Begitu juga banyak orang yang memiliki kecerdasan dan bakat yang istimewa serta keinginan yang kuat untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan, namun prihatinnya masih kesulitan dalam hal ekonomi. Bagi mereka yang berasal dari keluarga yang ekonominya lemah dan kurang mampu dalam hal pembiayaan sekolah, namun mempunyai kecerdasan serta bakat yang bagus untuk dikembangkan dapat menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah yang menerapkan program beasiswa berprestasi, agar nantinya kecerdasan anak tersebut, bakat serta kemampuannya dapat dikembangkan menjadi manusia yang berilmu dan berakhlaqul karimah. SMA Ma‟arif Kroya merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di Kecamatan Kroya, dimana sekolah tersebut memiliki dua program kelas yaitu kelas Intensive dan kelas Reguler. Program kelas Intensive dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan kader-kader muda Nahdlatul Ulama yang tidak hanya cakap dalam ilmu agama tetapi juga cakap dalam hal ilmu umum. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis data kualitatif yaitu data reduksi, data display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Aswaja pada kelas Intensive terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode dan strategi yang dilakukan dalam pembelajaran Aswaja yaitu metode ceramah yang dipadukan dengan metode tanya jawab, metode resitasi, metode diskusi, metode kerja kelompok dan pemecahan masalah serta pembelajaran yang berpusat pada guru. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelaajaran yaitu letak geografis sekolah, lingkungan, pendidik, kecerdasan atau intelegensi, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Aswaja, Kelas Intensive
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x8 Aliran dan Sekte > 2x8.1 Ahlussunnah Wal jamaah
300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 03 Sep 2018 00:27
Last Modified: 03 Sep 2018 00:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4145

Actions (login required)

View Item View Item