SIWIN PUSPITASARI, NIM. 1423305217 (2018) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI MI MA’ARIF NU KARANGKLESEM KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
SIWIN PUSPITASARI_PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DI MI MAARIF NU .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya faktor lingkungan institusional yaitu sekolah khususnya kompetensi guru dalam mempengaruhi perilaku keberagamaan siswa. Dari hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah di MI Ma‟arif NU Karangklesem, didapat bahwa perilaku keberagamaan siswa bervariasi, ada yang dalam kategori baik, sedang, dan rendah. Perilaku keberagamaan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya yaitu faktor kompetensi guru. Kompetensi guru dirasa penting, karena dalam proses pembelajaran guru merupakan komponen yang paling berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil yang berkualitas terutama dalam hal perubahan perilaku siswa. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap perilaku keberagamaan siswa di MI Ma‟arif NU Karangklesem Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap perilaku keberagamaan siswa di MI Ma‟arif NU Karangklesem Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di MI Ma‟arif NU Karangklesem yang berjumlah 224 siswa, dan sampel berjumlah 56 siswa yang diambil 25% dari masingmasing jumlah siswa disetiap kelas. Teknik pengambilan sampling menggunkan Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh terhadap perilaku keberagamaan siswa di MI Ma‟arif NU Karangklesem Kec. Kutasari Kab. Purbalingga. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien determinasi (r square) R2 sebesar 0,583 atau 58,3%. Artinya, besarnya pengaruh kompetensi guru (X) terhadap perilaku keberagamaan siswa (Y) adalah sebesar 58,3% dan sisanya 41,7% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya faktor internal siswa yaitu faktor hereditas, tingkat usia dan kepribadian, maupun faktor eksternal seperti faktor keluarga dan masyarakat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Kompetensi, Guru, Perilaku, Keberagamaan, Siswa |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 28 Aug 2018 00:01 |
Last Modified: | 28 Aug 2018 00:01 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4144 |
Actions (login required)
View Item |