MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

MUHAMMAD CHABIB HIDAYAAT, NIM. 1423301193 (2018) MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN TAHFIDZUL AL-QUR’AN DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
MUHAMMAD CHABIB HIDAYAT_MEDIA PEMBELAJARAN DALAM KEGIATAN TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dunia pendidikan pada era globalisasi ini secara nyata telah berkembang pesat seiring majunya teknologi. Hal ini dibuktikan langsung salah satunya pada dunia pendiidikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dunia pendidikan diharapkan mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di era kemajuan globalisasi khususnya teknologi. Untuk itu keberhasilan dalam sebuah proses kegiatan belajar mengajar tidak bisa jauh dari media pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Pemilihan media harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar para peserta didik bisa menangkap pesan yang disampaikan oleh guru. Media yang sering digunakan antara lain: Media audio visual, gambar, leptop, dan sebagainya. Penggunaan media perlu adanya evaluasi, pengembangan media, dan uji coba untuk mencapai kesempurnaan target yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media pembelajaran dalam kegiatan tahfidzul al-qur’an di SDIT Haapan Bunda Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tiga cara yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul dilanjutkan dengan cara menganalisis data, analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan sejak sebelum dilapangan dan setelah dilapangan. Hasil dari penelitian ini, peneliti mengetahui implementasi dan jenis media yang digunakan dalam kegiatan tahfidzul al-qur’an di SDIT Harapan Bunda Purwokerto adalah yang Pertama, Guru mempersiapkan media yang akan digunakan dalam kegiatan menggunakan leptop dan aplikasi, Kedua Guru menyetelkan aplikasi audio dengan tokoh Mishary Rasyid untuk para siswa mendengarkan dan menghafal, Ketiga, Guru mempersiapkan spidol dan papan tulis untuk membantu siswa menafsirkan ayat sehingga tidak hanya bisa menghafal namun juga membantu mengetahui makna dan isi, Keempat, Guru melakukan evalusi dengan setoran apa yang sudah didapatkan siswa, Kelima, Guru memberikan penugasan kepada siswa dirumah untuk murojaah hafalan yang sudah dan yang akan di setorkan dengan dibimbing oleh orang tua masingmasing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Tahfidzul Al-Qur’an,
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 27 Aug 2018 23:51
Last Modified: 27 Aug 2018 23:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item View Item