PENERAPAN METODE MUBASYIROH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MTs COKROAMINOTO WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA

SUCI WABAROH, NIM. 1423302079 (2018) PENERAPAN METODE MUBASYIROH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MTs COKROAMINOTO WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I _ BAB V _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PENERAPAN METODE MUBASYIROH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII DI MTs COKROAMIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa MTs CokroaminotoWanadadi kelas VIII sudah menerapkan metode mubasyiroh dalam pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan metode mubasyiroh dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTs Cokroaminoto Wanadadi Kabupaten banjarnegara. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Mubasyiroh Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII di MTs Cokrominoto Wanadadi Kabupaten Banjarnegara?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metoode mubasyiroh dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTs Cokroaminoto Wanadadi apakah sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaan atau belum. Adapun manfaat yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah diharapkan dapat mengembangkan teori pengajaran, khususnya mengenai penerapan metode mubasyiroh dalam pembelajarn bahasa Arab untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah wacana mengenai metode pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dimana penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan metode mubasyiroh dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Cokroaminoto Wanadadi. Adapun objek dalam penelitian ini adalah metode mubasyiroh pada pembelajaran bahasa Arab kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi. Hasil penelitian penerapan metode mubasyiroh dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Cokroaminoto Wanadadi Kabupaten Banjarnegara sebelum melakukan proses pembelajaran guru melakukan beberapa tahapan diantaranya tahap perencanaan yang meliputi penyusunan silabus dan RPP, tahap pelaksanaan yang berisi penyampaian materi serta penerapan metode yang sesuai, kemudian tahap evaluasi yang berisi penilaian untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Mubasyiroh, Pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 08 Aug 2018 00:12
Last Modified: 08 Aug 2018 00:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item