SOLEKHAN, NIM. 1323310075 (2018) PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI MI MA’ARIF NU 01 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) | Preview |
|
Text
SOLEKHAN_PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh faktor guru meskipun bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi. Maka dari itu, guru harus memiliki kaulifikasi akdemik sesuai bidang yang diampunya serta mempunyai peningkatan kinerja yang profesional, baik dalam merencanakan program pengajaran maupun dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Kompetensi profesional merupakan kemampuan guru dalam menguasai pengetahuan bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dan budaya yang diampunya yang sekurangkurangnya meliputi pengelolaan kelas, penguasaan materi secara luas dan mendalam, serta konsep dan metode disiplin keilmuan yang diampu. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah pembinaan profesionalisme guru dalam kinerjanya sebagai guru, serta pengelolaan proses belajar mengajar, dan langkah yang dilakukan Kepala Madrasah seperti: Pembinaan Guru, Supervisi, dan Kedisplinan guru di MI Ma‟arif NU 01 Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas ? Jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah guru-guru yang mengajar dan kepala sekolah di MI Ma‟arif NU 01 Sokawera. Objek penelitian adalah Pembinaan profesionalisme guru di MI Ma‟arif NU 01 Sokawera. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode analisis data. Hasil kesimpulannya bahwa pembinaan profesionalisme guru yang telah dilakukan oleh kepala sekolah dalam memenuhi kualifikasi akademik di MI Ma‟arif NU 01 Sokawera cukup baik. Hal ini terlihat dari pembinaan guru, kedisiplinan guru, supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dalam penguasaan materi, pengelolaan kelas pada saat proses belajar mengajar, penggunaan metode secara bervariasi untuk mengatasi karakteristik peserta didik yang berbeda satu dengan yang lainnya, serta guru sangat kreatif dalam membuka dan mentutup pelajaran sehingga peserta didik merasa tidak bosan dengan pelajaran yang dibawakan oleh gurunya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Profesionalisme, Guru di Mi Ma‟arif NU 01 Sokawera |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 00:06 |
Last Modified: | 07 Aug 2018 00:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4080 |
Actions (login required)
View Item |