MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM BIDANG KURIKULUM DI SMP NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA

Yulmiati, 1123303036 (2018) MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM BIDANG KURIKULUM DI SMP NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Yulmiati_MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM BIDANG KURIKULUM DI SMP N.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kegiatan kearsipan, khususnya di bidang kurikulum seringkali mengalami barbagai masalah atau kendala. Hal ini disebabkan karena adanya faktor sumber daya manusia serta sumber lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan proses manajemen agar kearsipan dapat berjalan dengan baik. Di SMP Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga, pelaksanaan kearsipan dalam bidang kurikulum dilakukan oleh tiga petugas urusan kurikulum yang masing-masing petugas mempunyai wewenang yang berbeda. Untuk itu, penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana Manajemen Kearsipan dalam Bidang Kurikulum di SMP Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga”. Pelaksanaan manajemen kearsipan dalam bidang kurikulum di SMP Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga menggunakan teori yang dikemukakan oleh George R. Terry, bahwa manajemen mempunyai empat fungsi, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Dengan demikian, petugas arsip kurikulum selalu menggunakan keempat fungsi manajemen dalam melakukan pengarsipan sehingga dapat memudahkannya mengelola arsip yang setiap tahunnya juga mengalami perubahan. Data yang diperoleh dari Kepala Sekolah, wakil Kepala Sekolah, petugas kurikulum, dan guru di SMP Negeri 1 Rembang, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian penulis, diambil kesimpulan bahwa manajemen kearsipan dalam bidang kurikulum yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rembang sudah sesuai dengan teori yang ada. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan manajemen kearsipan dalam bidang kurikulum meliputi kegiatan penciptaan hingga kegiatan pemusnahan arsip melalui fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan). Langkah pertama kegiatan perencanaan, yaitu melakukan pemilihan tenaga kerja, alat dan media, waktu dan teknik mengenai arsip kurikulum. Langkah berikutnya pengorganisasian, yaitu menetapkan tenaga kerja sesuai tugas dan wewenangnya. Selanjutnya pelaksanaan, yaitu kegiatan pengorganisasian arsip, memenuhi perlengkapan arsip, melaksanakan prosedur kearsipan. Langkah terakhir adalah pengawasan yang dilakukan oleh pihak intern (dalam sekolah) dan pihak ekstern (luar sekolah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kearsipan dalam Bidang Kurikulum di SMP Negeri 1 Rembang, Kabupaten Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 25 Jul 2018 01:14
Last Modified: 25 Jul 2018 01:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3982

Actions (login required)

View Item View Item