EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MI MA'ARIF NU 2 KLAPAGADING TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Octa Shofiyana, NIM.1423305165 (2018) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI MI MA'ARIF NU 2 KLAPAGADING TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text
Octa Shofiyana__Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU 1 Klapagading kurang optimal. Akibatnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa rendah, salah satu cara untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran IPS dengan melibatkan peran aktif siswa atau menggunakan model pembelajaran Talking Stick, model pembelajaran Talking stick dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di MI Ma’arif NU 1 Klapagading. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Ma’arif NU 1 Klapagading tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (fildresearch) dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-T data N-Gain, serta untuk menghitung data angket menggunakan Uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh kesimpulan bahwa nilai siswa yang menggunakan model pembelajaran talking stick lebih baik di bandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran talking stick serta terdapat perbedaan yang signifikan dengan hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen 7,744238095 dengan kategori tinggi dan kelas pada kontrol memiliki nilai rata-rata 0,1925673400 dengan kategori rendah, dibuktikan dengan menggunakan uji-t data N-Gain diperoleh P = 0,000 dengan membandingkan a = 0,05, maka nilai P N-Gain 0,000 ≤ a (0,05) sehingga Ha diterima Ho ditolak dan hasil analisis data angket menggunakan uji mann whitney diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dengan taraf signifikansi 5%. Yang berarti ada pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III di MI Ma’arif NU 1 Klapagading Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Model Talking Stick, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 09:29
Last Modified: 18 Jul 2018 09:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item