PEMBUDAYAAN LITERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 CILACAP

DELFI FLORIDA BEAUTY, 1423305053 (2018) PEMBUDAYAAN LITERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text
DELFI FLORIDA BEAUTY_PEMBUDAYAAN LITERASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI Negeri 2 Cilacap kelas IV sudah membudayakan literasi dengan menggunakan basis keluarga, pendidikan sekolah dan lingkungan masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang pembudayaan literasi di MI Negeri 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis pembudayaan literasi di MI Negeri 2 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filedresearch) yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait pembudayaan literasi. Objek dalam penelitian ini keluarga, pendidikan sekolah yang di bagi menjadi dua kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler di kelas IV dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembudayaan literasi di MI Negeri 2 Cilacap sudah sesuai dengan teori pembudayaan literasi. Pembudayaan literasi di MI Negeri 2 Cilacap meliputi pembudayaan literasi berbasis keluarga yang berjalan sebatas pengetahuan orang tua karena keterbatasan sarana dan prasarana, pembudayaan literasi berbsis sekolah yang di integrasikan dalam proses pembelajaran melalui kegiatan KBM, dibiasakan dengan membaca 15 menit membaca sebelum pembelajaran dan di ajak berkunjung ke perpustakaan, dilatih konsisten dengan adanya jadwal rutin yang dibuat oleh guru, menjadi kebiasaan tanpa disadari anak berkunjung ke perpustakaan di saat jam kosong atau ada waktu luang, menjadi karakter yang sudah tertanam di dalam diri anak dan menjadi budaya. Dan pemudayaan literasi berbasis mayarakat sebagai pengembangan dari keluarga dan sekolah. Hal ini menunjukan bahwa MI Negeri 2 Cilacap telah berhasil membudayakan literasi untuk menumbuhkembangkan budi pekerti anak didik dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembudayaan Literasi Berbasis Keluarga, Pendidikan di Sekolah dan Masyarakat Sekitar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 20 Jul 2018 00:18
Last Modified: 20 Jul 2018 00:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item