ROSHNA QOTHRUN NADA, NIM. 14233305035 (2018) PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ENGLISH CLUB DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text
ROSHNA QOTHRUN NADA_PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ENG.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) |
Abstract
MI Istiqomah Sambas Purbalingga adalah salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang menerapkan kegiatan ekstrakurikuler English Club dalam meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris. Hal ini disebabkan pihak sekolah sadar bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang sangat penting untuk dikuasai. Selain itu, ekstrakurikuler ini telah berhasil mengantarkan siswa-siswi MI tersebut menjadi juara dalam perlombaan bahasa Inggris, misalnya speech, story telling, dan mata pelajaran bahasa Inggris. Karena keberhasilan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana peningkatan keterampilan/kemahiran berbahasa Inggris melalui kegiatan ekstrakurikuler English Club di MI Istiqommah Sambas Purbalingga untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan keterampilan atau kemahiran bahasa Inggris melalui kegiatan ekstrakurikuler English Club. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan oleh peneliti menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan kemahiran bahasa Inggris meliputi: 1) listening, yang dilakukan melalui mendengarkan putaran video dan lagu bahasa Inggris untuk siswa, pemberian pujian untuk siswa setelah mengerjakan tugas dari guru dan ketika guru memberikan perintah kepada siswa. 2) speaking, dilakukan melalui menghafalkan kosakata yang telah diberikan guru, melakukan percakapan dengan teman atau guru, dan untuk kelas atas IV dan V pelatihan speaking dengan pemberian teks untuk persiapan lomba story telling dan speech. 3) reading, dilakukan melalui membacakan kosakata dan materi yang telah diberikan guru di papan tulis atau buku pedoman English Club. Sementara itu, untuk kelas IV dan V dengan cara pemberian beberapa teks untuk latihan membaca dan sebagai persiapan lomba. 4) writting, dilakukan melalui menulis dari apa yang diperintahkan guru baik dari buku pedoman English Club ataupun dari papan tulis. Dan siswa akan menulis tanpa contoh dari guru, yaitu menulis sesuai kemampuan siswa dengan menggali pengetahuan yang mereka punya. Sementara itu, ada 3 tahap dalam pelaksanaan English Club yaitu: 1) perencanaan, meliputi bahan ajar, metode pembelajaran, media belajar, dan sumber belajar. 2) pelaksanaan, meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. 3) evaluasi, meliputi tes lisan dan tertulis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemahiran berbahasa Inggris, ekstrakurikuler English Club, MI Istiqomah Sambas Purbalingga |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 09:25 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 09:25 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3860 |
Actions (login required)
View Item |