ANALISIS KESESUAIAN MATERI PELAJARAN BUKU TEKS TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV SD/MI DENGAN KONSEP KURIKULUM 2013

DWI LARASATI, NIM. 1123305009 (2016) ANALISIS KESESUAIAN MATERI PELAJARAN BUKU TEKS TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV SD/MI DENGAN KONSEP KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
DWI LARASATI_ANALISIS KESESUAIAN MATERI PELAJARAN BUKU TEKS TEMA INDAHNYA NEGERIKU KELAS IV SD MI DENGAN KONSEP KURIKULUM 2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas kesesuian materi pelajaran buku teks kelas IV SD/MI tema “Indahnya Negeriku” dengan kurikulum 2013. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013, yang menuntut perubahan pada buku teks. Buku teks kurikulum 2013 untuk tingkat sekolah dasar, bersifat tematik integratif yang dibuat mengikat pelajaran seluruh pelajaran yang dijabarkan dalam bentuk tema-tema, terkecuali pendidikan agama dan budi pekerti. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah buku teks kelas IV SD/MI tema “Indahnya Negeriku” sudah sesuai dengan kurikulum 2013?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Dimana penelitian yang disusun tidak melalui prosedur statistik atau non matematik. Maka untuk mendapatkan informasi dan data-data yang perlukan, peneliti melakukan observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data peneliti menggunakan metode Miler dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Peneliti mengumpulkan data yang terkait dengan kurikulum 2013, kemudian data-data tersebut di reduksi, disajikan data-data yang penting, dan ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi buku guru dan buku siswa kelas IV SD/MI tema “Indahnya negeriku” yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 yang ditinjau dari kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013, baik dari aspek materi, aspek bahasa, dan aspek ilustrasi/gambar dapat dikatakan sudah sesuai. Akan tetapi masih terdapat kekurangan dalam menjabarkan materi Matematika, PJOK, PPKn, IPA, dan IPS. Terdapat penambahan beberapa materi pelajaran dalam fokus pembelajaran. Dan ada beberapa kompetensi dasar tidak tercantum dalam kurikulum 2013 masuk masuk kedalam materi pembelajaran seperti materi Matematika, PJOK, dan SBdP. Dalam aspek bahasa masih ada penggunaan bahasa asing dan bahasa singkatan yang belum dijelaskan maksudnya. Dan dalam aspek ilustrasi/gambar masih kurang dalam penyajian gambar yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Kata Kunci: Buku Teks Kelas IV SD/MI Tema Indahnya Negeriku, Konsep Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 01 Jul 2016 07:14
Last Modified: 01 Jul 2016 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/386

Actions (login required)

View Item View Item