PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF NU KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

ITA MAKHMUDAH, NIM. 1423305108 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF NU KARANGASEM KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
ITA MAKHMUDAH_PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI MA’ARIF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan kegiatan belajar mengajar tidak hanya ditentukan oleh guru. Salah satu faktor penunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar adalah motivasi belajar dari orang tua. Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa perlu adanya kesadaran dari siswa itu sendiri dan dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Dalam kegiatan memotivasi, orang tua hendaknya tidak hanya memenuhi kebutuhan secara biologis atau secara fisik saja, tetapi juga secara psikologis. Dengan adanya motivasi belajar dari orang tua yang tinggi , maka hasil belajar siswa akan jauh lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitiannya sendiri adalah motivasi belajar yang terjadi didalam keluarga dari siswa di MI Ma’arif NU Karangasem. Sampel dalam penelitian ini adalah 68 unit siswa kelas I sampai kelas VI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar siswa di MI Ma’arif NU Karangasem Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga. Besar pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai R Square yang diperoleh yaitu 0,143. Artinya, pengaruh variabel X (motivasi belajar dalam keluarga) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa) adalah sebesar 14,3%. Dari persamaan regresi juga diperlihatkan besarnya Y = 53,974 + 0,237 X yang mengandung pengertian bahwa, jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel X atau X = 0, maka nilai variabel Y adalah 53,974. Koefisien regresi sebesar 0,237 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel X (motivasi belajar dalam keluarga) akan memberikan kenaikan pada variabel Y (hasil belajar siswa) sebesar 0,237.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar dalam Keluarga, Hasil Belajar Siswa, MI Ma’arif NU Karangasem
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 10:24
Last Modified: 18 Jul 2018 10:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item