RENNY NURDIAWATI, NIM. 1323305122 (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN METODE PEMBIASAAN DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_ASBTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text
RENNY NURDIAWATI_PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan seseorang untuk memaknai segala tindakannya adalah sebuah ibadah karena Allah sesuai dengan hati nuraninya untuk mengambil keputusan atas pilihan-pilihan dalam hidupnya sesuai pemikiran secara fitrah untuk menuju manusia yang seutuhnya (hanif) dan memilki pola pemikiaran tauhidi (integralistik). Pembiasaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang agar melekat di dalam hati seseorang dan menjadi sebuah kebiasaan. Seiring perkembangan jaman, memunculkan reaksi kurang baik terhadap anak. Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan saat ini berupaya untuk memberikan bekal kecerdasan spiritual siswa melalui berbagai kegiatan islami secara terus menerus dalam menghadapi tantangan kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan kecerdasan spiritual dan metode pembiasaan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tiga cara, yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah data terkumpul , dilanjutkan dengan cara menganalisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mencapai pengembangan kecerdasan spiritual dan metode pembiasaan pada siswa, MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor meliputi aspek shiddiq melalui kegiatan wudhu, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, infaq harian, infaq jum‟at, zakat fitrah, menyembelih hewan qurban, istighosah, menyebarkan salam sambil berjabat tangan dengan guru. Aspek istiqomah dengan kegiatan tadarus, sholat dhuha, sholat dzuhur berjamaah, pawai ta‟aruf, menghargai waktu, sabar ketika mendapat musibah, dan Full Day School. Aspek fathanah meliputi kegiatan hafalan asmaul husna, hafalan do‟a-do‟a harian, hafalan surat pendek juz 30, hafalan tamyiz bahasa arab dan hafalan hadits. Aspek amanah dengan kegiatan khotmil qur‟an, sholat dzuhur berjamaah, dan sholat dhuha. Aspek tabligh dengan kegiatan hadroh dan hafalan hadits.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spiritual, Metode Pembiasaan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Siswa Prakerin |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 00:13 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 00:13 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3856 |
Actions (login required)
View Item |