IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 SEMESTER II MI MIFTAHUL ULUM KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

AFIYATUL AMALAH, NIM. 1423305006 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 1 SEMESTER II MI MIFTAHUL ULUM KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AFIYATUL AMALAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Contextual Teaching Learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dipelajarinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sebagai anggota keluarga, masyarakat dan bangsa. Dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), proses belajar mengajar akan lebih konkret, lebih realistis, lebih menyenangkan dan lebih bermakna. Proses belajar mengajar berpendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) menuntut siswa untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki dan hal itu membuat siswa berperan aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung. Maka, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Pembelajaran Tematik di Kelas 1 semester II MI Miftahul Ulum Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018”?, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah implementasi Contextual Teaching Learning (CTL) pada pembelajaran tematik di kelas 1 semester II MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal, faktor pendukung dan penghambat serta upaya penanganan hambatan Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada pembelajaran tematik di kelas 1 Semester II MI Miftahul Ulum Bumijawa tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan, Kepala Sekolah, guru kelas 1 dan Guru Mitra MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal. Sedangkan untuk menganalisisnya peneliti menggunakan model interaktif Miles Hubermen dengan 3 tahap kegiatan yaitu tahap reduksi data/data reduction, tahap penyajian data/data display dan tahap penarik kesimpulan/conclution drawing atau verification yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya di lapangan, di sini peneliti sertakan tabel sebagai pelengkap data. Dari hasil analisa, menunjukan bahwa implementasi pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada pembelajaran tematik di kelas 1 semester II MI Miftahul Ulum Bumijawa Tegal telah dilaksanakan dengan cukup baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) yang ada, hal ini dapat dilihat pembelajaran yaitu dari proses membuat belajar secara bermakna, memberikan aktivitas kelompok sesuai dengan jumlah siswa, membuat aktivitas belajar mandiri dengan guru memberikan tugas individu, menyusun refleksi yaitu memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan gambaran positif terhadap kegiatan pembelajaran, dan membuat penilaian pembelajaran yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Yang pertama dilakukan guru yaitu melakukan apersepsi dan membangun pengetahuan awal siswa dengan memberikan stimulus berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan kehidupan nyata dan dikaitkan dengan konsep pembelajaran yang sedang dibahas. Pembelajaran dengan CTL menekankan pada pemberdayaan peserta didik. Kegiatan berpusat pada siswa (student centered) bukan pada guru, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator. Kata kunci : Contextual Teaching Learning (CTL), Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Contextual Teaching Learning (CTL), Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Siswa Prakerin
Date Deposited: 18 Jul 2018 02:24
Last Modified: 18 Jul 2018 02:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3849

Actions (login required)

View Item View Item