ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 2 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017

Reni Setianingsih, NIM. 1323308010 (2018) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 2 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
RENI SETIANINGSIH_ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 2 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Analisis tes merupakan suatu kegiatan dalam rangka mengkonstruksi tes untuk mendapatkan gambaran tentang mutu tes, baik mutu keseluruhan tes maupun mutu tiap butir soal. Analisis dilakukan setelah tes disusun dan dicobakan kepada seluruh subyek dan hasilnya menjadi umpan balik untuk perbaikan mutu tes bersangkutan. Untuk pengumpulan data dibutuhkan suatu tes yang baik. Tes yang baik biasanya memenuhi, daya pembeda yang baik, fungsi distraktor dan tingkat kesukaran yang layak. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif.Lokasi penelitian ini berada di MTs Ma’arif NU Kemranjen yaitu MTs Ma’arif NU 2 Kemranjen, MTs Ma’arif NU 3 Kemranjen, MTs Ma’arif NU 4 Kemranjen Kabupaten Banyumas. Objek penelitian adalah lembar soal ujian akhir semester 2 kelas VIII mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan lembar jawab siswa. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa 50 butir soal ujian akhir semester 2 mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diikuti oleh 191 siswa di 3 MTs Ma’arif NU Kemranjen Kabupaten Banyumas belum baik. Berdasarkan analisis yang dilakukan dari Tingkat kesukaran, daya pembeda dan fungsi distraktor dapat diketahui: tingkat kesukaran meliputi kateori sangat sukar 2 soal, sukar 5 soal, sedang 33 soal, mudah 5 soal, dan sangat mudah 5 soal. Daya pembeda meliputi: sangat baik 4 soal, baik 22 soal, cukup 12 soal, jelek 10 soal, dan sangat jelek 2 soal. Dilihat dari fungsi pengecoh ditemukan Fungsi Distraktor dengan kriteria berfungsi sebanyak 33. Terdapat 13 butir soal yang hanya dua pengecohnya berfungsi dengan baik. Terdapat 2 butir soal yang hanya satu pengecohnya berfungsi. Terdapat 2 butir soal yang fungsi distraktornya tidak berfungsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Butir Soal, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Jul 2018 00:59
Last Modified: 09 Jul 2018 00:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item