PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTUL HIDAYAH TANJUNG PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

CAHYANI MUGIARTI, NIM: 1423301311 (2018) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTUL HIDAYAH TANJUNG PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
CAHYANI MUGIARTI_PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIROATI DI TPQ ROUDHOTU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Banyaknya metode untuk mempelajari membaca Al-Qur’an, diantaranya adalah metode Qiroati. Metode Qiroati adalah Salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan membiasakan membaca dengan benar, lancar, cepat dan tepat sesuai dengan makhorijul huruf dan tajwid. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung?. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya dalam proses pembelajaran membaca Al Qur’an dengan menggunakan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung. Metode yang penulis gunakan untuk memperoleh data-data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiroati di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung dilaksanakan 6 kali dalam seminggu. Langkah-langkah guru dalam proses pembelajaran di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung adalah pertama kegiatan pendahuluan meliputi mempersiapkan dan mengkondisikan santri terlebih dahulu. Kemudian setelah mengkondisikan santri, ada kegiatan klasikal dulu dan dilanjutkan kegiatan inti yaitu membaca qiroati. Setelah kegiatan yaitu kegiatan penutup yaitu ustadz/ustadzah memberikan materi tambahan yang ada buku materi tambahan. Evaluasi yang di gunakan di TPQ Roudhotul Hidayah Tanjung yaitu dengan tes lisan juga tertulis yang dievaluasi oleh ustadz/ustadzah kelas masing – masing dan baru kepala TPQ jika akan menaikkan jilid santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Rintis Hardini
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:01
Last Modified: 07 Jun 2018 06:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3805

Actions (login required)

View Item View Item