HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PAI DENGAN SELF CONTROL SISWA DI SMA AL IRSYAD CILACAP

MOHAMAD IBRAHIM BAWAZIR, NIM. 1323308050 (2018) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PAI DENGAN SELF CONTROL SISWA DI SMA AL IRSYAD CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MOHAMAD IBRAHIM BAWAZIR__HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PAI DENGAN SELF CONTROL SISWA DI SMA AL IRSYAD CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya di Indonesia, siswa yang belajar pada tingkat SMA berusia sekitar 15-18 tahun. Dalam psikologi perkembangan, masa ini disebut sebagai masa remaja madya, ditandai dengan pertumbuhan fisik yang sangat pesat dengan mulai berfungsinya hormon-hormon sekunder, perkembangan fisik yang sudah menyerupai manusia dewasa, namun hal ini tidak diikuti dengan perkembangan psikis yang sama pesatnyaSalah satu cara memberi pengarahan yang baik kepada remaja adalah dengan membina self control.Disinilah terlihat peran penting pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar PAI dengan self control siswa di SMA Al Irsyad Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al Irsyad yang berjumlah 357 siswa dan peneliti mengambil 75 siswa sebagai sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknikSimple random sampling. Pengumpulan data mengunakan metode angket (kuesioner), interview dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data dari Self Control Siswa, interview diguanakan untuk mendapatkan data tentang deskipsi sekolah dan dokumentasi untuk mengambil gambaran kegiatan ektrakurikuler dan lain-lain. Analisis data yang digunakan adalah kolerasi product momen untuk menjawab hipotesi. Hasil penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar PAI dengan self control siswa di SMA Al Irsyad Cilacap yang memiliki nilai kolerasi 0,643. Hal ini sesuai dengan teori yang diungkapkan goldfried dan merbaum dalam Lazarusyang menyatakan bahwa kontrol diri (self control) dapat meningkatkan menyatukan perilaku tertentu untuk meningkatkan hasil dan tujuan tertentu seperti yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontrol siswa, self control, hasil belajar, prestasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 19 May 2018 04:21
Last Modified: 19 May 2018 04:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item